KASAU Berharap Ada Penambahan Radar Baru

INFONAWACITA.COM – Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (KASAU) Marsekal Hadi Tjahjanto berharap ada penambahan radar baru untuk mendeteksi pesawat asing yang masuk ke wilayah udara Indonesia.

TNI AU kata Hadi, sudah mengajukan 12 unit radar baru. Sedangkan radar yang sudah ada berjumlah 20 unit.

“Kita meminta penambahan 12 radar baru lagi, itupun dengan dengan berbasis minimum essential force, kalau berbasis pada angka ideal kita tentunya masih jauh” kata Hadi di Yogyakarta, Kamis (26/1).

Dengan rada baru ini, TNI AU bisa langsung mengambil tindakan jika ada pesawat asing yang masuk ke wialayah udara Indonesia tanpa izin.

“Adanya radar baru yang lebih modern dan canggih, pesawat uar yang masuk tanpa izin, TNI bisa melakukan penegakan kedaulatan bangsa” kata Hadi.

Selain itu ungkap Hadi, TNI AU masih menunggu pesawat F5 yang sudah hampir satu tahun ditinggalkan. Hadi berharap ada besawat generasi 4,5 yang mewarnai armada pesawat tempur tanah air.

“Dengan pesawat yang TNI AU inginkan yakni pengganti F5 dan upgrade pesawat V50, tentunya dengan armada yang ada seperti F16, Sukhoi dan Hawk 200 akan tetap kita gunakan untuk mempertahankan kedaulatan” kata Hadi. (ANT/HG)