Kapusrehab Kemhan Harap Penyandang Disabilitas Kemhan/TNI Jadi Insan Mandiri dan Produktif

(Foto: kemhan.go.id)

INFONAWACITA.COM – Kepala Pusat Rehabilitasi (Kapusrehab) Kemhan Brigjen TNI dr. Achmad Dewanto, Sp.PD membuka Tingkat Terampil Angkatan XLIV Gel. I TA. 2019, Selasa (8/1/19), di Pusrehab Kemhan, Jakarta.

Kapusrehap berharap penyandang disabilitas Kemhan/TNI dapat melaksanakan fungsi sosialnya di masyarakat dan menjadi insan yang mandiri dan produktif.

Lanjut Kapusrehab, para peserta dapat menerapkan kemampuan dan pengalamannya baik di lingkungan pekerjaan maupun membuka usaha mandiri sesuai dengan bidangnya. Dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan diri dan keluarganya serta dapat melaksanakan fungsi sosialnya secara wajar di masyarakat.

Tugas Pokok Pusrehab Kemhan diantaranya adalah di bidang rehabilitasi medik, vokasional, sosial dan perumahsakitan. Tugas tersebut dilaksanakan dalam bentuk rehabilitasi terpadu bagi penyandang disabilitas personel Kemhan/TNI dengan tujuan untuk memulihkan dan mengembangkan kemampuan fisik, keterampilan, mental, sosial dan psikis.

Bantuan Peralatan Kerja Mandiri

Seperti dilansir dari kemhan.go.id, Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas Personel Kemhan/TNI berlangsung mulai tanggal 8 Januari sampai dengan 21 Mei 2019, para peserta akan ditempatkan di dua tempat yaitu di Pusrehab Kemhan Jakarta dan Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik Prof. Dr. Soeharso Kemsos di Surakarta Jawa Tengah.

Dengan jurusan keterampilan rehab vokasional yang diajarkan yaitu automekanik mobil/motor, teknik pendingin, teknik komputer, operator komputer, elektronika, desain grafis, fotografi, musik, pertanian terpadu, tata boga, massage, penjahitan, las dan pertukangan kayu.

Selama pelatihan peserta mendapatkan fasilitas sarana dan prasarana serta dukungan administrasi. Di bidang rehabilitasi medik peserta mendapatkan alat bantu atau ortosa protesa sesuai dengan indikasinya. Di bidang rehabilitasi sosial peserta mendapatkan bimbingan psikologi sosial, pembinaan olah raga dan seni budaya serta bimbingan lanjut.

Dan di akhir kegiatan para peserta akan diberikan bantuan peralatan kerja mandiri bagi peserta rehab terpadu yang telah memenuhi standar kompetensi pada masing-masing jurusan.