Kadis Penanaman Modal Pemkot Bandung Terjaring OTT Polrestabes Bandung

INFONAWACITA.COM – Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Bandung menetapkan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung Dandan Riza Wardana dan lima PNS sebagai tersangka korupsi pengurusan perizinan.

Kepala Polrestabes Bandung, Kombes Pol Hendro Pandowo mengatakan penetapan tersangka ini setelah sebelumnya Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Bandung melakukan operasi tangkap tangan (OTT), Jumat (27/1) kemarin.

Dalam OTT tersebut, kata Hendro, salah seorang yang diamankan adalah Kepala DPMPTSP Kota Bandung Dandan Riza Wardana, selanjutnya kepala bidang dan staf. “Dari sebelas orang yang ditangkap, enam diantaranya kami tetapkan sebagai tersangka,” kata Hendro Pandowo dalam keterangan pers di Mapolrestabes Bandung, Sabtu (28/1).

Para tersangka, kata Hendro, memiliki peran masing-masing seperti mengumpulkan uang dari masyarakat yang mengajukan perizinan dan ada juga yang bertugas memberikan kepada kepala dinas.

Hendro mengatakan dari OTT tersebut pihaknya mengamankan uang sebesar Rp 128 juta dan US$ 24.800 di mobil tersangka Dandan. “Uang sebesar Rp 128 juta dikumpulkan dalam waktu seminggu, sementara Rp 171 juta dikumpulkan minggu sebelumnya,” kata Hendro.

Kepala Satreskrim Polrestabes Bandung AKBP Mochammad Yoris Maulana Yusuf Marzuki menjelaskan modus yang dilakukan tersangka dengan menawarkan pengurusan perizinan lebih cepat secara manual.

Seharusnya, kata Yoris, proses pengurusan perizinan melalui daring melalui website Pemkot Bandung dan bukan secara manual. “Mereka menawarkan pengurusan perizinan secara manual dan waktu lebih cepat. Seharusnya waktu pengurusan perizinan butuh satu minggu namun melalui mereka cukup dua hari saja,” kata Yoris. (AK/ANT)