Jurnalis Senior Amerika Kagumi Kepemimpinan Presiden Jokowi yang Tak Berjarak

Presiden Jokowi saat melakukan blusukan di Pasar Gudang Lampung (11/2/2016). (Foto: Biro Pers, Media, dan Informasi, Sekretariat Presiden/Cahyo).

INFONAWACITA.COM – Jurnalis senior Amerika Serikat Ted C. Fishman kagum dengan kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Indonesia. Menurutnya, Presiden Jokowi berhasil menciptakan kepemimpinan yang tak berjarak dengan rakyatnya.

Hal tersebut Ted Fishman ungkapkan saat berbincang dengan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan C. Fishman serta Tandean Rustandy dari Rustandy Foundation Kamis (14/9/2018).

Awalnya Moeldoko menjelaskan kepada Ted Fishman bahwa telah terjadi beberapa perubahan ke arah positif di era pemerintahan Jokowi-JK. “Perubahan tidak hanya terjadi di Jakarta, tapi juga pada peningkatan pelayanan publik di daerah-daerah lain seperti adanya Online Single Submission. KSP pun membuat acara Leaders Talk , bagaimana meningkatkan pelayanan agar lebih baik,” kata Moeldoko dalam diskusi seperti termuat dalam keterangan resmi Jumat (14/9/2018).

Mendengar hal tersebut, Ted Fishman pun menyukai perubahan yang terjadi di indonesia. “It is so wonderful to see the things you love (Indonesia) grow overtime and I want everybody to come here,” kata Ted Fishman.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko berbincang dengab Ted C Fishmen (foto: Humas KSP)

Penulis buku China Inc dan Shock of Gray Ted Fishman ini memang pernah tinggal beberapa tahun di Indonesia dan menyatakan bahwa banyak pelajaran berharga yang didapat dari negara ini seperti friendship. “I learn to be a better friend,” kata Ted Fishman.

Ted memberikan usul bahwa institusi perlu ditambahkan nilai-nilai friendship. Dalam sebuah institusi, friendship menjadi sangat penting karena dapat merekatkan hubungan antar anggota dalam institusi tersebut. “Support friendship, put friendship inside the institution,” tegas Ted Fishman.

Menurutnya, Presiden Joko Widodo secara tidak langsung menerapkan nilai friendship tersebut karena pemerintahannya tidak berjarak yang membuat masyarakat memiliki kedekatan dan dapat bekerja sama.

Seperti diketahui Presiden Jokowi memang berhasil mendobrak hal-hal formalitas di lingkup Istana Negara. Kerap langsung turun ke lapangan dan bertemu rakyat kini menjadi salah satu budaya baru di lingkungan Istana Kepresidenan. Bahkan kini Menteri-menteri Kabinet Kerja pun mengikuti budaya kepemimpinan yang ditularkan pria kelahiran Solo tersebut.