Jonan Kagum Komitmen UEA Dalam Pengembangan EBT

foto: istimewa

INFONAWACITA.COM – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan kagum akan komitmen Uni Emirat Arab (UEA) dalam mengembangkan energi baru dan terbarukan (EBT).

Kekaguman Jonan ini berdasarkan UEA merupakan salah satu penghasil minyak terbesar di dunia, namun setiap harinya konsumsi minyak buminya tidak sampai satu persen.

“Di Abu Dhabi (Ibu Kota Uni Emirat Arab) penghasil minyak terbesar, sekitar 3.000.000 barel minyak per hari. Namun, konsumsinya efisien, 1 hari tidak sampai 100.000 barel per hari, itu hal bagus,” kata Jonan di Blora Jawa Tengah, Sabtu (21/1).

Seperti diketahui UEA akan berinvestasi sebesar US$163 miliar dalam proyek-proyek yang menghasilkan setengah dari kebutuhan listrik nasional dari energi terbarukan.

Negara-negara produsen minyak utama di Teluk Arab tersebut berharap rencana tersebut dapat dicapai pada tahun 2050 dan menyatakan ingin menyeimbangkan kebutuhan ekonomi terhadap tujuan lingkungan.

UEA memiliki potensi tenaga surya yang cukup besar dan bersemangat untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. UEA berada di urutan ke delapan pada daftar Bank Dunia dalam dalam emisi CO2 gas rumah kaca per kapita.

“UEA sebentar lagi akan memiliki tenaga surya 500 megawatt, ini berarti kita harus lebih inovatif lagi karena energi kita justru terus berkurang,” kata Jonan. (ANT/HG)