Jokowi Sosialisasikan Tax Amnesty Sampai ke Singapura

INFONAWACITA – Presiden Joko Widodo berencana mengunjungi Singapura untuk melakukan sosialisasi program pengampunan pajak atau tax amnesty. Selain negara tetangga itu, presiden juga akan mengunjungi kota-kota besar di Indonesia.

Menurut Presiden, kehadiran langsung dirinya dalam sosialisasi menunjukkan keseriusan sikap pemerintah agar program pengampunan pajak tersebut berhasil sesuai rencana. “Saya ingin memberikan pesan pemerintah serius, kita all out untuk amnesti pajak,” kata Presiden di depan para pegawai pajak di Istana Negara, Jakarta, Kamis (28/7/2016).

Kepada para pegawai pajak tersebut Presiden menekankan upayanya sosialisasi langsung tersebut tak bakal berarti jika tidak dibarengi dengan upaya yang dilakukan oleh setiap kantor pelayanan pajak. Presiden memerintahkan agar mereka pro aktif jemput bola dan jangan malah menakut-nakuti wajib pajak.

“Kunci utamanya di Dirjen Pajak, utamanya di Pelaksana Petugas Pajak harus pro aktif menjemput bola. Tidak bisa lagi kita diam, zamannya sudah berubah. Momentumnya ada,” ucap Jokowi.

Dia menambahkan sosialisasi yang selama ini dilakukan di sejumlah kota di Indonesia sudah berjalan cukup baik. Antusiasme masyarakat terhadap program tax amnesty sangat tinggi. Dia mencontohkan di Surabaya, dari 2.000 orang yang di undang yang datang malah 2.700. Sedangkan di Medan meski sudah ditambah dari 2.000 menjadi jadi 3.000 yang datang justru 3.500 orang.

Singapura menjadi tujuan sosialisasi Jokowi karena banyak orang Indonesia yang tinggal dan berinvestasi di sana. Singapura bahkan sudah merilis kebijakan baru yang menawarkan paket pembayaran pajak secara gratis. Tentu saja, tawaran paket itu bersyarat yakni dana tersebut tak bisa ditarik untuk dibawa ke Indonesia. (TN)