Jokowi : Negara Hadir untuk Sejahterakan Rakyat

INFONAWACITA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pemerintah akan tetap hadir untuk menyejahterakan rakyat. Pemerintah tak akan pernah berpaling dari rakyat.

Pemerintah, lanjut Presiden Jokowi, telah menyiapkan sejumlah program dan strategi guna mengupayakan agar seluruh lapisan masyarakat bisa merasakan kesejahteraan. Salah satu program yang telah berlangsung adalah penyerahan “kartu sakti” untuk masyarakat.

“Alhamdulillah pembagian kartu asistensi sosial terus bertambah di seluruh pelosok Nusantara,” kata Presiden Jokowi. Tahun 2015 ini, tambah mantan Gubernur DKI Jakarta itu, pemerintah telah menganggarkan agar kartu sakti itu bisa diterima oleh 88,2 juta peserta penerima. ”Jumlah ini mengalami peningkatan sebanyak 1,8 juta peserta,” kata Presiden.

Kartu sakti yang disalurkan ke masyarakat terdiri atas Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat (Kartu AS-PDB). Secara berkala, Jokowi menyalurkan kartu-kartu itu ke masyarakat. Yang terbaru ketika Jokowi hadir di tengah masyarakat Desa Tulikup Kecamatan Gianyar Bali. Seperti biasa, selain kartu, Presiden Jokowi juga membagikan buku tulis yang diterima warga dengan antusias.

”Seluruh anggarannya bersumber dari pengalihan subsidi BBM. Semoga tahun depan jumlah penerima terus bertambah,” kata Presiden.