Jokowi Inginkan Natuna Menjadi Pusat Pelelangan Ikan Terbesar di ASEAN

foto: antara

INFONAWACITA – Presiden Joko Widodo meminta agar Natuna dapat menjadi pusat lelang ikan di kawasan regional atau ASEAN. Untuk itu presiden meminta agar di kepulauan itu dibangun infrastruktur tempat pendinginan penyimpanan ikan (cold storage) dan fasilitas pendukung lainnya.

Terkait dengan itu Kementerian Kelautan dan Perikanan saat ini sedang membangun Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dengan kapasitas besar di Natuna. “Tempat Pelelangan Ikan masih dibangun. Tahap pertama berkapasitas 200 ton ikan, dan tahap kedua untuk 3 ribu ton, dengan luas seribu meter,” kata Sjarief Widjaja, Sekjend Kementerian KKP di Jakarta, Rabu (13/7).

Pada kesempatan yang sama Menko Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli menyebutkan masih banyak yang mesti dikerjakan untuk membangun pusat lelang ikan terbesar di Asia Tenggara tersebut. “Kita akan rapatkan lagi, apa saja yang harus diperbaiki, seperti internet, listrik dan cold storage,” jelasnya.

Rizal juga menargetkan proses keterlibatan pengusaha nasional dalam industri tangkap ikan dapat kembali beroperasi di Natuna sebelum Oktober 2016. [AI]