JK Rowling Sang Penulis Harry Potter Bikin Bangga Indonesia Sekaligus Kagetkan Dunia Lewat Pengakuannya, Kok Bisa?

JK Rowling sang penulis Harry Potter mengaku terinspirasi dengan salah satu tokoh mitos asal Indonesia. (Foto: dailytimes.com.pk)
JK Rowling sang penulis Harry Potter mengaku terinspirasi dengan salah satu tokoh mitos asal Indonesia. (Foto: dailytimes.com.pk)

INFONAWACITA.COM – Penulis Harry Potter JK Rowling belakangan ini membuat pengakuan yang mengagetkan dunia. Khususnya juga para penggemar karya-karyanya.

Di sisi lain, pengakuan itu juga rasanya patut membuat bangga seluruh warga Indonesia. Semuanya berawal dari rasa penasaran dari para penggemar karya JK Rowling yang salah satunya bakal tayang pada November 2018 ini di layar lebar, berjudul Fantastic Beasts Crimes of Grindelwald. Dalam film Fantastic Beasts Crimes of Grindelwald itu, tokoh utamanya bernama Nagini. Tokoh Nagini ini juga merupakan salah satu karakter dari karya JK Rowling di Harry Potter.

“Baiklah, JK Rowling, dengarkan ini Joanne (nama depan dari JK Rowling-red). Kamu memang pernah menyebutkan memiliki banyak waktu untuk menjelaskan terkait buku Harry Potter. Tapi kemudian, saat film (dengan tokoh bernama-red) Nagini muncul, lalu diperankan oleh aktris Korea, itu benar-benar kelewatan,” ketus pemilik akun J_A_Moulton lewat akun media sosialnya, mengomentari trailer film Fantastic Beasts Crimes of Grindelwald yang diunggah akun arepyong.

Seperti diketahui, Nagini adalah ular betina yang sangat besar yang dimiliki Lord Voldemort dalam kisah Harry Potter. Voldemort memiliki dan menghargai Nagini sebagai salah satu bukti bahwa dia adalah keturunan asli Salazar Slytherin yang mempunyai kemampuan menguasai ular. Sebab lain adalah karena Nagini merupakan salah satu horcrux dari Lord Voldemort yang berharga.

Menjawab rasa penasaran atas penamaan Nagini yang kemudian difilimkan itu, JK Rowling akhirnya memberikan pengakuan yang kemudian mengagetkan dunia. Sekaligus juga membuat bangga Indonesia. “Naga adalah salah satu karakter mitos mirip dengan ular dalam mitologi Indonesia, dari sini nama ‘Nagini’ muncul. Karakter Nagini dalam mitos Indonesia itu kerap digambarkan memiliki sayap, ada juga yang menggambarkan sebagai setengah manusia setengah ular,” jelas JK Rowling.

Bukan itu saja, JK Rowling juga cukup memahamai mengenai Indonesia. Secara tidak langsung, ia kemudian mempromosikan Indonesia serta berbagai kebudayaan yang dimiliki.

“Indonesia terdiri dari ratusan suku dan budaya. Mulai dari suku dan budaya Jawa, Tiongkok, Betawi dan lainnya,” lanjut JK Rowling.

Pengakuan JK Rowling ini tentu saja cukup membanggakan Indonesia. Sebab, sebagai penulis terkenal dan karyanya memiliki jutaan penggemar, ia menempatkan nama salah satu mitos dari Indonesia ke dalam karakter dari karyanya. Ini tentu saja merupakan tantangan besar bagi warga Indonesia untuk bangga lalu memperkenalkan kekayaan budaya yang telah dimiliki selama ratusan tahun, ke dunia Internasional.