Jepang Usul Bangun Rel Baru untuk Proyek Kereta Jakarta-Surabaya

Ilustrasi (Foto: dokumen)

INFONAWACITA.COM – Jepang mengusulkan agar pemerintah membangun rel baru untuk kereta semi cepat Jakarta-Surabaya.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumad mengatakan, usulan tersebut disampaikan oleh Japan Internasional Cooperation Agency (JICA). “Secara informal sekitar tiga atau empat hari lalu,” kata Menhub, Jumat (17/11), dilansir dari kontan.co.id.

Menanggapi usulan itu, Menhub menyatakan, pemerintah akan mengajak ahli membuat studi bersama untuk melihat kelaikan usulan tersebut. Studi dilakukan dengan tujuan untuk melihat biaya yang diperlukan dan kepada siapa itu akan dibebankan.

Berdasarkan hitungan Menhub, kebutuhan investasi yang diperlukan untuk membangun jalur baru untuk kereta semi cepat yang diusulkan Jepang akan mahal. Maklum saja, selain rel, pembangunan juga akan berdampak pada pembangunan perlintasan sebidang yang akan dilewati kereta.

“Pasti akan lebih panjang karena untuk tiga rel dan biayanya akan lebih besar walau saya maunya Rp 60 triliun,” katanya.

Menhub mentargetkan, studi lanjutan tersebut selesai akhir tahun ini. Seperti diketahui, pemerintah Indonesia dan Jepang berencana untuk kerja sama dalam pembangunan proyek kereta Jakarta-Surabaya.(AR)