Jembatan Kali Kuto Gringsing Akan Dikontruksi Ulang Usai Arus Mudik

Jembatan Kali Kuto di ruas tol Batang-Semarang fungsional pada 13 Juni 2018. (foto: Kementerian PUPR)

INFONAWACITA.COM – Jalur Tol Fungsional Jembatan Kali Kuto di Gringsing, Batang akan di kontruksi ulang setelah pemakaian untuk angkutan lebaran 2018 selesai. Dibukanya jembatan ini hanya untuk menghadapi arus mudik dan balik tahun ini.

Hal ini diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau jembatan Kali Kuto pada Rabu (13/6/2018) siang.

“Hari ini saya selaku koordinator menengok proses penyelesaian Kali Kuto. Di sini kita melihat posisi jalan yang akan dibuka dengan lebar 4 meter. Tapi ini sifatnya sementara, karena hanya akan digunakan mulai hari ini selama arus mudik. Nanti setelah itu kita konstruksi ulang dengan konstruksi yang lebih besar,” jelas Menhub seperti dikutip dari dephub.go.id.

Ditambahkan Rest Area

Di dalam jalur Tol Fungsional Jembatan Kali Kuto ini akan ditambahkan tempat peristirahatan / rest area. Menteri Perhubungan akan melakukan koordinasi dengan Kapolri dan Jasa Marga untuk menetapkan jumlah rest area yang akan dibangun.

“Kita akan diskusikan dengan Kapolri dan Jasa Marga bagaimana memperbanyak tempat-tempat rest area. Nanti saya akan merapat dengan Polri untuk menetapkan paling tidak di sini ada 5-10 rest area,” jelas Menhub Budi.

Harapannya, dengan jalur tol fungsional yang dibangun ini akan lebih memperlancar arus balik. Menhub Budi juga mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam pembangunan Tol Fungsional Jembatan Kali Kuto.

“Saya secara pribadi selaku koordinator mengapresiasi semua pihak baik Kementerian PUPR, Waskita, Jasa Marga, Polri, dan semua pihak yang melakukan ini. Harapan kita nanti mudik balik akan jalan lebih lancar,” tutup Menteri Perhubungan. (DS/yi)