Jelang Natal dan Tahun Baru, Kegiatan Konstruksi Jakarta-Cikampek Libur

Tol Jakarta-Cikampek (Japek)

INFONAWACITA.COM – Guna mendukung kelancaran arus lalulintas pada saat menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru 2019, pemerintah memutuskan menghentikan semua kegiatan konstruksi yang sedang dilaksanakan di jalan tol ruas Jakarta-Cikampek (Japek) mulai 24 Desember hingga 2 Januari mendatang.

“Kita akan mengurangi truk-truk besar pada hari-hari tertentu, kecuali truk pengangkut bahan-bahan pokok dan BBM (Bahan Bakar Minyak) masih tetap boleh,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi kepada wartawan usai mengikuti rapat terbatas, di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (21/12/2018).

Secara khusus, lanjut Menhub, pihaknya juga akan menempatkan petugas-petugas supaya jika terjadi suatu masalah, akan melakukan diskresi, apakah contra flow, ataukah satu arah, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Menhub memperkirakan peningkatan arus kendaraan darat pada libur akhir tahun ini yang paling masif akan terjadi di Pulau Jawa, karena dengan selesainya Jalan Tol Jakarta-Surabaya, akan ada kenaikan lebih dari 15 persen.

Setelah tersambung seluruhnya, Menhub memperkirakan, jalan tol Jakarta-Surabaya akan dapat ditempuh dalam waktu 10 jam, maksimal 11 jam. Pemerintah mengupayakan di sepanjang jalan tol baru itu (di rest area) akan banyak makanan-makanan lokal yang dijual oleh UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

“Kami bahkan membuat secara khusus peta wisata kuliner, khususnya di kota-kota yang dilalui jalan tol,” ujar Budi, kemudian pihaknya akan membagikan dan mempromosikan supaya pariwisata di kota-kota kedua di Jawa bagian utara tetap berlangsung.

Himbauan untuk Pengendara

Namun demikian, Menhub mengimbau kepada para pengendara yang akan melalui jalan tol Jakarta-Surabaya agar yang pertama mengontrol kecepatan, karena kecepatan 90 KM/jam tidak terasa karena jalannya bagus, lurus dan sebagainya.

“Yang kedua, agar pengendara mempersiapkan diri dan kendaraan yang akan digunakannya dengan baik,” kata Menhub seperti yang dilansir dari Setkab.go.id.