Jaksa Tak Kenal Libur, Hari Ini Eksekusi Putusan MA terhadap Terpidana Alfian Tanjung

Alfian Tanjung saat mendarat di Surabaya, Senin 11 Juni 2018. (foto: Kejari Tanjung Perak)

INFONAWACITA.COM – Tak ada hari libur. Begitulah yang terjadi pada Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Tanjung Perak, Surabaya. Pada Senin (11/6/2018) pihak kejaksaan melaksanakan eksekusi putusan Mahkamah Agung atas terdakwa Alfian Tanjung.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, MA menetapkan amar putusan menolah kasasi terdakwa. Putusan Mahkamah Agung No.1167/Pid.sus/2018 itu bertanggal 7 Juni 2018 atas nama Terdakwa Drs. Alfian Tanjung, M.Pd alias Alfian Tanjung.

Kasasi yang Ditolak

Sebelumnya Pengadilan Negeri Surabaya dalam putusan Nomor 2664/Pid.sus/2017/Pn.Sby tanggal 13 Desember 2017 dalam amar putusannya menyatakan terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana “ujaran kebencian” Pasal 16 Jo. Pasal 4b angka 2 UU No.40 /2008 ttg Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis. Menjatuhkan hukuman pidana terhadap terdakwa selama 2 (dua) tahun penjara.

Atas putusan tersebut terdakwa mengajukan banding. Selanjutnya Pengadilan Tinggi Jawa Timur dalam putusan Nomor 19/Pid.sus/2018/Pt.Sby tanggal 20 Februari 2018 dalam amar putusannya menyatakan menguatkan putusan PN Surabaya.

Kemudian terdakwa mengajukan kasasi ke MA. Lalu, MA dalam putusannya menolak kasasi yang diajukan terdakwa.

Foto: Kejari Tanjung Perak
Proses Eksekusi

Menurut keterangan dari pihak Jaksa Penuntut Umum kepada Infonawacita.com, Senin (11/6/2018), eksekusi terhadap terdakwa Alfian Tanjung dilaksanakan dengan cara memindahkan penahanan terdakwa dari Rutan Mako Brimob ke Lapas di Porong, Sidoarjo untuk menjalani pidana penjara.

Kajari Tanjungperak sudah berkordinasi dengan Wadan Mako Brimob dan sudah memerintahkan Jaksa yang melakukan eksekusi berangkat ke Jakarta. Saat ini pihak jaksa sudah berada di Jakarta dan berkoordinasi dengan petugas yang ditunjuk oleh Komandan Mako Brimob yang melakukan pengawalan, yaitu 5 orang anggota Brimob.

Senin (11/6/2018) pagi sekitar jam 03.00 WIB, terpidana dari Rutan Mako Brimob dibawa oleh Jaksa PU dengan pengawalan anggota Brimob menuju Bandara Halim Perdanakusumah. Terdakwa diterbangkan ke Surabaya dengan pesawat Lion Air pada jam 05.15 menuju Surabaya.

Setibanya di Surabaya, terdakwa dibawa Jaksa eksekutor ke Lapas Porong di Sidoarjo untuk pelaksanaan hukuman.