Jadi Kebanggaan Masyarakat Sumbar, KA Minangkabau Ekspres Akan Diresmikan Presiden

KA Minangkabau Ekspres. (foto: Kumparan)

INFONAWACITA.COM – Kereta Api Minangkabau Ekspres yang bernuansa hijau dan menjadi ikon masyarakat Sumatera Utara (Sumbar) rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (21/5/2018).

Kereta ini memiliki empat gerbong dengan 200 tempat, dalam sehari terdapat lima kali keberangkatan dijadwalkan dari Padang melalui stasiun Tabing, stasiun Duku, dan tiba di Stasiun Bandara Minangkabau dengan waktu 30 menit.

Kehadiran KA Minangkabau Ekspress disambut antusias masyarakat. Mereka kini punya alternatif baru untuk menuju bandara dan sebaliknya.  Apalagi stasiun Padang letaknya juga strategis, sehingga mereka yang akan naik kereta ini hanya butuh waktu 8 menit dari pusat kota.

Salah satu warga Padang, Dicky Syambara berterima kasih kepada Presiden Jokowi atas beroperasinya Kereta Api Bandara Minangkabau Ekspres.

“Kehadiran KA ini sangat berdampak mengurangi kemacetan dari kota Padang ke Bandara. Apalagi berbagai pemberitaan menyebutkan, selama ini Padang adalah kota termacet kelima di Indonesia setelah Jakarta, Bandung, Malang, dan Yogyakarta,” ujar Dicky.

Selain itu, Diky menilai, adanya KA Minangkabau Ekspress, bagi warga Padang, juga sebagai sarana wisata baru.

“Meski hanya dari kota ke bandara, tapi memberikan suasana baru bagi warga Padang,” tambahnya.

Info terkait: Pakar Transportasi: Pengoperasian Kereta Bandara di Padang Juga Mudahkan Transportasi Masyarakat Umum dan Kereta Bandara di Padang Disebut sebagai Anugerah, Kenapa Begitu?

Memangkas biaya transportasi
Antrean calon penumpang KA Minangkabau Ekspres. (foto: KSP)

Masyarakat lainnya juga turut memberikan komentar seperti halnya Maulana Ichsan Gituri, yang mengatakan dengan hadirnya KA Minangkabau Ekspress ini mengurangi biaya transportasi.

Selama ini, dengan menggunakan taksi dari Bandara Minangkabau ke kota Padang, setidaknya pengguna jasa penerbangan harus merogoh kocek minimal Rp 70 ribu untuk sekali jalan.

Dengan hadirnya KA Minangkabau Express, biaya yang dikeluarkan hanya Rp 10 ribu untuk jarak terjauh dari Stasiun Padang ke Bandara Minangkabau dengan waktu tempuh 40 menit. (RA/yi)