Iwan Fals Juga Ogah Nonton Debat Capres Berbahasa Asing

Musisi Iwan Fals (foto: suaranusantara.com)

INFONAWACITA.COM – Musisi Iwan Fals juga ogah jika debat Capres – Cawapres menggunakan Bahasa Inggris. Ia mengaku tidak akan mengerti jika debat menggunakan bahasa asing.

Hal tersebut diungkapkan di akun twitternya @iwanfals pada Jumat (14/9/2018). “Yaaah jangan dong, sy gak ngerti ?,” cuit pelantun Bento itu menanggapi usulan Partai Gerindra untuk penggunaan bahasa inggris dalam debat Pilpres 2019.

Belakangan memang heboh pernyataan kubu Prabowo-Sandi yang menginginkan debat Capres dan Cawapres menggunakan Bahasa Inggris. Kubu Jokowi-Ma’ruf pun menantang balik dengan menggunakan Bahasa Arab.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun sudah angkat bicara. Komisioner KPU Viryan Aziz mempertanyakan seberapa efektifnya debat Capres dan Cawapres jika menggunakan Bahasa Inggris. Mengingat belum tentu seluruh masyarakat Indonesia memahami bahasa asing tersebut.

“Coba cari data berapa masyarakat Indonesia yang mengerti bahasa lain, selain bahasa Indonesia. Sementara kami harus melayani seluruh lapisan masyarakat,” kata Viryan seperti dikutip dari Detik.com.

Selain itu hal tersebut juga kata Viryan riskan melanggar undang-undang tentang penggunaan Bahasa Nasional. Undang-undang No 24 Tahun 2009 sudah mengatur tentang kapan, di mana, dan dalam rangka apa wajib menggunakan Bahasa Indonesia. Salah satunya adalah dalam forum tingkat nasional. Berikut kutipannya:

Pasal 32

(1) Bahasa Indonesia wajib digunakan dalam forum yang bersifat nasional atau forum yang bersifat internasional di Indonesia.

(2) Bahasa Indonesia dapat digunakan dalam forum yang bersifat internasional di luar negeri.