Istana Percaya SDM Berkualitas Lahir dari Pondok Pesantren

INFONAWACITA.COM – Selain menggenjot pembangunan infrastruktur, pemerintahan Jokowi – JK juga mendorong kemajuan dari Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia. Terkait dengan ini, pemerintah pun mempercayakannya kepada Pondok Pesantren.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko saat dirinya mengikuti peringatan haul ke-53 Ma’had Darul Qur’an Wal Hadits Al-Majidiyyah A-Syafiiyah Nahdlatul Wathan (MDQH-NW) Adz-Zikrol di Anjani, Lombok Timur pada Minggu (24/6/2018).

Moeldoko menjelaskan, memasuki Revolusi Industri 4.0 dimana kemajuan teknologi tidak dapat dibendung, memajukan SDM adalah suatu keniscayaan.

Sehubungan dengan pembangunn sumber daya manusia Indonesia tersebut, mantan Panglima TNI 2013-2015 itu juga meyakini, madrasah dan pondok pesantren dapat menjadi tempat terbaik dalam membangun karakter bangsa. Hal ini didasarkan pada pengalaman Moeldoko kecil yang tumbuh dan dididik oleh seorang kiai di sebuah surau di Kediri, Jawa Timur.

“Mungkin banyak yang tidak percaya, Moeldoko kecil hidup di surau atau langgar. Sampai dengan saat ini, saya meyakini bahwa madrasah, pondok pesantren tempat paling baik mendidik karakter bangsa. Pembangunan karakter suatu bangsa, harus dimulai dengan pendidikan yang disiplin. Itu ada di madrasah dan pesantren,” kata mantan Wakil Gubernur Lemhanas tersebut, seperti dilansir dari keterangan resmi yang diterima Infonawacita.com.

Terhadap kiprah Nahdlatul Wathan, Moeldoko menyampaikan apresiasi secara khusus.

“Sungguh, pemerintah memiliki harapan yang tinggi pada Ma’had ini. Mengawal bangsa ini menjadi bangsa yang stabil, menjadi bangsa yang besar yang dikawal para santri yang memiliki ideologi dan wawasan kebangsaan yang tinggi,” ujarnya. (DS/zh)