Inilah Tiga Jalur Masuk PTN Tahun 2017

INFONAWACITA.COM – Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir secara resmi mengumumkan dimulainya kegiatan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri, di Auditorium Utama Kemenristekdikti, Jakarta, Jumat (13/1) lalu.

Berdasarkan Peraturan Menristekdikti Nomor 126 Tahun 2016 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada PTN, diatur bahwa Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada PTN meliputi jalur yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), serta Seleksi Mandiri.

Jalur SNMPTN adalah seleksi berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa. Jalur SBMPTN adalah seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dengan metode cetak (paper based testing) atau komputer (computer based testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa. Sementara jalur Seleksi Mandiri adalah seleksi yang diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN.

Sementara itu terkait daya tampung, menurut Menristekdikti adalah sebagai berikut; SNMPTN paling sedikit 30%, SBMPTN paling sedikit 30%, dan Seleksi Mandiri paling banyak 30%. Menristekdikti menyatakan, seleksi melalui SNMPTN berdasarkan hasil penelusuran prestasi dan portofolio akademik.

Ia menyebutkan, persyaratan sekolah untuk SMA/SMK/MA dapat mendaftarkan siswanya sebagai berikut: Akreditasi A : 50 % terbaik di sekolahnya; Akreditasi B : 30 % terbaik di sekolahnya; Akreditasi C : 10% terbaik di sekolahnya; dan Akreditasi lainnya : 5% terbaik di sekolahnya.

Menristekdikti menjelaskan, bagi calon peserta dari kalangan keluarga tak mampu dapat mengikuti Program Bidikmisi, namun harus mendaftar terlebih dahulu sebagai calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu ke laman belmawa.ristekdikti.go.id/bidikmisi

Sementara bagi masyarakat yang memerlukan informasi terkait hal ini, bisa langsung menuju ke laman resmi www.snmptn.ac.id dan halo.snmptn.ac.id serta call-center 0804 – 1450 450. Sedangkan layanan informasi SBMPTN bisa diakses melalui www.sbmptn.ac.id dan halo.sbmptn.ac.id dan call-center 0804 – 1456 – 456. (AR/*)