Inilah 9 Tol yang Diresmikan Jokowi Selama 2017

Presiden Joko Widodo setelah meresmikan jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) seksi II-VI ruas Parbarakan-Sei Rampah, Jumat 13 Oktober 2017. (foto: Biro Pers Setpres)

INFONAWACITA.COM – Pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) ngebut menggenjot pembangunan infrastruktur. Salah satu yang menonjol adalah pembangunan jalan tol.

Selain jalan tol baru, ada beberapa jalan tol yang merupakan proyek mangkrak bertahun-tahun yang akhirnya dibangun oleh Presiden Jokowi. Sedikitnya ada sembilan jalan tol yang sudah diresmikan Jokowi sepanjang 2017.

Sembilan jalan tol yang telah diresmikan Jokowi adalah Jalan Tol Akses Tanjung Priok yang diresmikan pada Sabtu (15/4) lalu. Jokowi mengungkapkan betapa sulitnya membangun jalan tol sepanjang 11,4 kilometer tersebut, bahkan ketika dirinya masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Saya ingat sekali ketika jadi gubernur, pembebasan lahan yang terganjal membuat dua tahun mangkrak. Alhamdulillah setelah turun ke lapangan beberapa kali itu bisa selesai,” kata Jokowi, dikutip dari kompas.com.

Kedua, Jokowi juga meresmikan jalan tol Mojokerto-Kertosono Seksi 2. Setelah lebih dari dua dekade terbengkalai, akhirnya Jalan Tol Mojokerto-Jombang yang merupakan bagian dari Tol Mojokerto-Kertosono (Moker) diresmikan Minggu (10/8).

Gerbang Tol Terindah

Ruas tol ini, kata Jokowi, seharusnya sudah mulai dibangun sejak tahun 1996, namun terkendala sulitnya pengadaan lahan dan minimnya dukungan pemerintah.

Jalan tol ketiga yang diresmikan Presiden Jokowi adalah ruas Tol Bawen-Salatiga. Ruas tol ini diresmikan Senin (25/7). Ruas Tol Bawen-Salatiga yang digadang-gadang memiliki panorama terindah se-Indonesia dengan latar Gunung Merbabu ini dirancang sepanjang 17,6 kilometer dan merupakan bagian dari Jalan Tol Semarang-Solo dengan total 72,64 kilometer.

Tol keempat yang diresmikan Presiden Jokowi adalah tol Palembang-Indralaya, yang diresmikan pada Kamis (12/12). Ini merupakan tol pertama di Sumatera Selatan.

Berikutnya kelima dan keenam, Presiden Jokowi meresmikan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dan Tol Medan-Binjai, Jumat (13/10). Dua ruas tersebut adalah Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi II hingga VI serta Medan-Binjai seksi 2 (Helvetia-Sei Semayang) dan seksi 3 (Sei Semayang-Binjai).

Tol lain yang diresmikan Presiden Jokowi adalah tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu. Diresmikan pada Jumat (3/11), Jokowi yakin tol ini dapat mengurai kemacetan yang terjadi di sepanjang jalur Jakarta-Bekasi.

Kedelapan, Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Soroja (Soreang- Pasirkoja), Senin (4/12) di Gerbang Tol Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Jokowi mengatakan, Tol Soroja merupakan infrastruktur yang paling dinantikan oleh masyarakat Kabupaten Bandung dan Kota Bandung. Sebab, pembangunan tol sepanjang 10,55 kilometer ini telah mangkrak cukup lama.

Kesembilan adalah tol Surabaya-Mojokerto yang diresmikan Jokowi pada Selasa (19/12). Dengan peresmian tersebut, jalan tol sepanjang 36,27 kilometer itu sudah bisa beroperasi.(AR)