Ini yang Bikin Masyarakat Puas pada Jokowi

INFONAWACITA – Menjelang dua tahun masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, masyarakat disebut puas dengan hasil kinerjanya. Dibanding pada Juni 2015, jumlah masyarakat yang merasa puas terus meningkat.

Survei Saiful Mujani Research and Consulting [SMRC] pada Minggu kemarin menyebutkan 67 persen masyarakat mengaku puas dengan kinerja pemerintah Jokowi. Hanya 30 persen yang mengaku tidak puas. Pada tahun lalu yang mengaku puas hanya 41 persen.

Direktur SMRC Sirojudin Abbas mengatakan, tingkat kepuasan masyarakat itu terkait dengan pembangunan infrastruktur, layanan kesehatan, pendidikan yang terjangkau dan menciptakan rasa keamanan. Namun, dalam hal kesejahteraan, harga kebutuhan pokok, dan penyediaan lapangan pekerjaan, masyarakat kurang puas.

Kepuasan masyarakat ini berbanding lurus dengan tingkat elektabilitas Jokowi. Jika pemilihan presiden digelar hari ini, maka responden memilih Jokowi sebesar 32,4 persen. Sementara pesaing Prabowo Subianto, pesaing terberat Jokowi hanya mendapat 9,4 persen.

Survei SMRC ini dilakukan pada 22-28 Juni 2016. Jumlah responden adalah 1.220 dipilih secara random. Margin of error adalah 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. [KG]