Ini Video Pawai TK di Probolinggo yang Tuai Kontroversi dan Ragam Reaksi

Karnaval TK di Probolinggo, Jawa Timur (foto: Facebook Ahmad Zainullah)
Karnaval TK di Probolinggo, Jawa Timur (foto: Facebook Ahmad Zainullah)

INFONAWACITA.COM – Warganet banyak yang membicarakan mengenai aksi karnaval sebuah TK di Probolinggo sejak Sabtu (18/8/2018) siang ini. Bukan itu saja, berbagai reaksi terlontar atas peristiwa ini.

“Karnaval Di Kota Probolinggo, di perankan anak TK KARTIKA di lingkungan KODIM 0820 Probolinggo? Pengajaran perang atau pendidikan radikalisme,” tulis salah anggota Pimpinan Wilayah GP Ansor – Satkorwil Banser Jawa Timur, Abid Umar, seperti dikutip dari akun resminya pada Sabtu (18/8/2018).

 

Bukan itu saja, Direktur LP3ES Rustam Ibrahim juga mempertanyakan peristiwa tersebut.

“Jika foto ini benar, menurut saya ini bukan busana adat daerah, bukan pula budaya Indonesia. Rasanya juga belum pernah terjadi dalam sejarah perang kemerdekaan? Apakah pemerintah membiarkan pawai seperti ini?” tulis Rustam seperti dikutip dari akunnya.

 

Sementara itu, politisi muda Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Guntur Romli juga melontarkan reaksinya.

“Karnaval anak-anak dlm rangka #17AN foto sebelah kiri kita optimis generasi mendatang penuh rasa humor & kebersamaan…foto sebelah kanan: saya tdk melihat masa depan Indonesia,” cuit @Gunturromli sambil membandingkan foto tersebut dengan foto karnaval TK lainnya.

 

Sampai berita ini diturunkan, belum ada penjelasan resmi dari penyelenggara, terkait munculnya gambaran masyarakat sipil bersenjata, dalam pawai Kemerdekaan ini. Infonawacita.com sendiri juga sudah menghubungi pihak Polda Jawa Timur untuk mengklarifikasi peristiwa ini.

Meski demikian, pihak Polda Jawa Timur yang dihubungi melalui aplikasi percakapan, hingga saat ini masih belum memberikan jawaban. Khususnya mengenai peristiwa yang sebenarnya terjadi ini.

Info Terkait: Pawai TK Di Probolinggo Jadi Sorotan, Seperti Apa Penjelasan Polda Jawa Timur?

Pawai TK yang Tuai Kontroversi

Seperti diketahui, awalnya warganet dihebohkan dengan kabar pawai TK di Kota Probolinggo yang dinilai tidak biasa sejak Sabtu (18/8/2018) siang. Sebabnya karena atribut yang dikenakan peserta pawai menggambarkan mirip dengan masyarakat sipil bersenjata.

“Karnaval TK d Kota Probolinggo, tapi pakaiannya kok seperti ini?” penggalan tulisan Ahmad Zainullah dalam postingannya, Sabtu (18/8/2018).

Info Terkait: Pakai Serba Hitam Dan Bawa Senjata Mainan, Karnaval TK Ini Tuai Kontroversi

Foto dan video itu awalnya diunggah juga oleh akun bernama Ahmad Zainullah, lalu dibagikan di grup FB ILK Probolinggo. Dalam foto tersebut, terlihat anak-anak perempuan mengenakan pakaian tertutup berwarna hitam, dilengkapi atribut seperti senjata laras panjang.