Ini Resep Bugar Presiden Jokowi

Presiden Jokowi mencicipi jamu tradisional. (Foto: tempo.co)

INFONAWACITA.COM – Sebagai Kepala Negara, aktivitas Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentu membutuhkan fisik yang bugar. Padatnya agenda kerja, membuat Presiden Jokowi harus menjaga kesehatan supaya tetap sehat.

Lalu apa rahasia kebugaran Presiden Jokowi? Jokowi mengungkapkan salah satu rahasianya supaya tetap bugar, yaitu minum air kelapa hijau.

“Seminggu tiga kali, dan saya lihat memang bermanfaat,” ungkap Presiden Jokowi, Selasa (3/10), seperti dikutip dari detik.com.

Menurut Jokowi, sebelumnya dia jarang minum air kelapa hijau. Kebiasaan berubah setelah dia dapat informasi soal khasiat kelapa hijau. “Kelapa ini di luar sangat dicari airnya,” katanya.

Selain air kelapa hijau yang mulai dikonsumsinya, Presiden Jokowi dulu juga pernah menyatakan rutin minum jamu temulawak dicampur jahe setiap pagi. Hal ini sudah dijalaninya selama 17 tahun lebih.

“Lebih dari 17 tahun minum temulawak jahe setiap pagi. Rutin dan tidak pernah kosong, selalu saya minum,” kata Jokowi, seperti dikutip dari CNN Indonesia, 25 Mei 2015.
Menurut Jokowi, jamu hasil racikannya itu memberikan efek yang sangat signifikan, seperti tidak mudah lelah, sehingga membantunya menjalankan tugas kenegaraan.

“Dan setelah saya cek, betul, temulawak itu ada curcuma. Itu bisa memperbaiki fungsi liver dan fungsi pencernaan lain, katanya, saya baca dan rasakan benar,” kata dia.

Jokowi menuturkan, temulawak dicampur jahe berkhasiat untuk menghangatkan badan dan membuat alat pencernaan di perutnya berfungsi lebih baik. Karena itu Jokowi mengatakan bahwa dirinya adalah seorag penggemar jamu sebagai bagian warisan budaya Indonesia.(AR)