Ini Permintaan Khusus Gibran di Acara Ngunduh Mantu Adiknya

Gibran Rakabuming Raka saat memberikan keterangan pers pernikahan adiknya beberapa waktu lalu. (Foto: Setpri)

INFONAWACITA.COM – Acara ngunduh mantu putri Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Medan akan dilengkapi dengan makanan khas Medan. Namun, ada satu makanan yang juga akan disajikan, yang merupakan makanan permintaan Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden.

Makanan tersebut adalah Markobar, martabak yang merupakan produk milik Gibran, yang terkenal dengan topping aneka rasa. Hal ini disampaikan Dewi Nasution, yang bertanggung jawab atas hidangan acara ngunduh mantu Kahiyang Ayu-Bobby Nasution di Medan.

Dewi adalah yang bertanggung jawab terhadap hidangan sejak acara adat Mangalehan Marga pada Selasa (21/11) sampai prosesi adat nanti yang puncaknya tanggal 26 November.

Menurut Dewi, selain didominasi masakan khas Mandailing, dia juga menyediakan masakan nasional. Saat acara Mangalehan Marga, dia menghidangkan ikan sale balado bawang batak, sambal tuk-tuk, ikan mas goreng garing dengan sambal asin, dan sup. Menu utamanya adalah mi rebus medan, martabak, dan sate padang.

“Hidangan ini akan disediakan juga pada acara adat tanggal 24 dan 25 nanti. Tambahannya, daging balado renyah. Untuk pondoknya (makanan penutup), ada sate ayam lontong dengan roti jala, ini khas Melayu. Juga martabak dan kari kambing,” kata Dewi, Kamis (23/11), dilansir kompas.com.

Ditambahkan Dewi, dari berbagai makanan tersebut, ada dua menu makanan pemintaan keluarga Bobby dan Kahiyang.

“Keluarga Bobby minta harus ada kopi Mandailing saat acara. Abang Kahiyang, Gibran Rakabuming minta harus ada Markobar. Ini harus dihidangkan saat resepsi tanggal 26 nanti,” ucapnya.

Makanan, sambung Dewi, mulai disajikan sejak pagi hingga acara Manortor selesai pada Sabtu (25/11). Sementara untuk acara resepsi pada Minggu, makanan yang dihidangkan lebih nasional, di antaranya hidangan khas Sumatera Utara serta daerah lain.

“Kalau menu dari daerah lain, ada ayam goreng tangkap, pindang daging sapi, ikan saos mangga, dan balado daging suir. Seperti abon tapi pakai cabai,” ujar dia.(AR)