Anda Perlu Tahu, Ini Manfaat Holding BUMN Industri Pertambangan

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno. (foto: Kementerian BUMN)

INFONAWACITA.COM – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meyakini jika holding perusahaan tambang mineral dan batu bara bisa menciptakan banyak manfaat. Bukan hanya kepada perusahaan anggota holding, manfaat juga akan dirasakan langsung oleh negara.

Hal ini dijelaskan oleh Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno dalam konferensi pers di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta pada Jumat (24/11).

“Pendapatan negara akan bertambah melalui berbagai pajak, royalty, serta dividen. Selain itu juga dari optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam dan peningkatan nilai dari kegiatan hilirisasi,” kata Harry.

Sedangkan untuk masyarakat sendiri, lanjut Harry, holding perusahaan tambang BUMN akan meningkatkan kegiatan Bina Lingkungan dan CSR di bidang pendidikan, peningkatan keterampilan, kesehatan, dan kelestarian lingkungan.

“Berkembangnya industri pengolahan tambang dan mineral juga akan mampu menyerap ribuan pekerja baru, meningkatkan kegiatan ekonomi daerah, serta mendorong harga produk yang lebih bersaing,” jelas Harry.

Saat ini Kementerian BUMN pun tengah menuntaskan rencana pembentukan Holding BUMN Industri Pertambangan. Diyakini sinergitas ini akan dapat memperkuat BUMN pertambangan minerba di Indonesia.

Rencananya pemerintah akan melakukan holding pada 3 perusahaan tambang BUMN yaitu ANTM 65%, PTBA 65,02%, dan TINS 65%. Saham mayoritas milik pemerintah di ketiga BUMN tersebut dialihkan ke PT Inalum (Persero) yang 100% sahamnya dimiliki negara. (DS/yi)