Ini Keyakinan Presiden Jokowi terhadap Pencak Silat di Asian Games Nanti

Presiden Jokowi berfoto bersama atlet Pencak Silat untuk Asian Games XVIII, di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Senin (6/8/2018). (Foto: Setkab)

INFONAWACITA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis cabang olahraga Pencak Silat akan menyumbang lebih dari dua medali emas pada Asian Games XVIII. Keyakinannya itu disampaikan usai meninjau venue cabang olahraga Pencak Silat untuk Asian Games XVIII, di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Senin (6/8/2018) pagi.

“Memang di dalam target yang disampaikan Menpora (Menteri Pemuda dan Olahraga) kepada saya, minimal dua emas. Tetapi saya meyakini dengan tadi yang sudah diperlihatkan kepada kita semuanya. Saya yakin bahwa akan lebih dari dua emas,” kata Presiden Jokowi, dilansir dari laman Setkab.

Presiden bahkan berharap dari cabang olahraga pencak silat akan dapat memberi hasil yang menggembirakan.

“Saya meyakini itu. Insyaallah, karena latihan jangka panjang selama 3 tahun itu pasti akan menghasilkan sebuah hasil di Asian Games 2018 ini,” ujar Presiden Jokowi.

Baru Dipertandingkan

Sebagaimana diketahui Pencak Silat termasuk salah satu cabang olahraga baru yang akan dipertandingkan di Asian Games 2018. Pada edisi-edisi sebelumnya, Pencak Silat tidak pernah masuk ajang empat tahunan itu.

Pada cabang olahraga Pencak Silat itu, kontingen Indonesia akan turun di 16 nomor. Rinciannya, 10 nomor tanding (tujuh putra dan tiga putri) dan enam nomor seni (tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri, serta regu putra dan putri).

Mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan ke Padepokan Pencak Silat itu antara lain Menpora Imam Nahrawi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Baca juga: PBNU: Pengajuan Cawapres Cak Imin oleh Para Kiai Bukan Atas Nama Organisasi