Ini Kesepakatan Hasil Pertemuan Jokowi – John Key

setkab.go.id

INFONAWACITA – Pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Selandia Baru John Key beberapa waktu lalu berlangsung produktif dan bersahabat. Pertemuan tersebut membahas peningkatan kerja sama bidang perdagangan dan investasi, energi baru dan terbarukan, serta peternakan.

Presiden Joko Widodo mengatakan saat membahas kerja sama perdagangan dan investasi, Selandia Baru meminta ekspor buah tropis salak dan mangga dari Indonesia agar segera dapat segera direalisasikan.

“Saya menyambut baik lonjakan investasi Selandia Baru sejak 2014 di sektor pengolahan susu dan produk susu dan Indonesia mengusulkan agar dapat dijadikan pusat produksi produk susu di Asia Tenggara,” kata Presiden didampingi PM John Key dalam konferensi pers bersama di Istana Negara.

Sementara soal penguatan kerja sama bidang energi baru dan terbarukan, geotermal tetap menjadi prioritas kerja sama kedua belah pihak. Kedua negara juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang energi tenaga air.

Di bidang peternakan kedua negara setuju memperkuat kerja sama khususnya yang berkaitan dengan daging sapi. Indonesia juga mengundang pengusaha dari Selandia Baru untuk berinvestasi di bidang tersebut.

Selain membicarakan kerja sama tersebut kedua pemimpin juga membicarakan isu-isu strategis di kawasan global yang menjadi kepentingan bersama. Mereka juga menyaksikan secara langsung penandatanganan Nota Kesepahaman kerja sama di bidang energi baru dan terbarukan, pariwisata, serta Illegal, Unreported, and Unregulated Fishing. [TN]