Ini Kata Presiden Banyaknya Alumni UI di Kabinet Kerja

Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta. (foto: Biro Pers Setpres)

INFONAWACITA.COM – Presiden Joko Widodo memuji Universitas Indonesia sebagai perguruan tinggi yang menyumbangkan menteri terbanyak dalam Kabinet Kerja.

“Terima kasih sebesar-besarnya kepada Universitas Indonesia sebab UI penyumbang terbanyak menteri-menteri di Kabinet Kerja, sampai saat ini ada 6 alumni UI yang membantu saya di Kabinet Kerja,” kata Presiden Jokowi di Dies Natalis ke-68 Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Jumat (2/2/2018).

Presiden lalu menyampaikan satu per satu menteri anggota Kabinet Kerja yang merupakan alumni UI.

“Pak Darmin Nasution sebagai Menko Perekonomian ini dari UI, Ibu Puan Maharani sebagai Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dari UI, Ibu Sri Mulyani Menteri Keuangan dari UI,” ungkap Presiden.

Setiap Presiden menyebutkan nama-nama menteri tersebut direspon dengan tepuk tangan dari ratusan mahasiswa UI.

“Ibu Nila Moeloek Menteri Kesehatan, yah tidak hadir, mau saya kenalkan ‘gak’ hadir. Bapak Sofyan Djalil Menteri Agraria dan Tata Ruang dari UI, Pak Bambang Brodjonegoro, Kepala Bappenas juga dari UI. Saya cari-cari di depan ternyata di belakang,” kata Presiden.

Saat itu Bambang Brodjonegoro menggunakan tga profesor Fakultas Ekonomi UI dan duduk di panggung yang berada di belakang Presiden Jokowi.

Staf Khusus

“Tambah satu lagi yang doktornya dari UI, Pak Moeldoko, Kepala Staf Presiden juga dari UI. Sehari-hari sama saya juga Pak Sukardi Rinakit, Pak Johan Budi, juga dari UI,” jelas Presiden.

Dua nama tersebut adalah staf khusus Presiden.

“Ini menunjukkan UI itu gudangnya orang-orang pinter, UI itu sumbernya pejuang pembangunan dan UI itu sumber inspirasi dan energi untuk satu tujuan, Indonesia maju,” tegas Presiden. (ANT/HG)