Ini Imbauan Menhub untuk Pemudik yang Kembali ke Jakarta

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (foto: setkab.go.id)

INFONAWACITA.COM – Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengimbau pemudik yang mengemudikan kendaraan tidak pulang ke wilayah Jakarta dan sekitarnya secara serentak setelah menjalani liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

“Kami imbau masyarakat tidak pulang bersamaan pada 1 Januari 2018 agar menghindari kemacetan lalu lintas,” kata Budi, di Jakarta Jumat (29/12).

Budi mengatakan masyarakat lebih baik merayakan malam tahun baru di Jakarta dan sekitarnya.

Menhub mengungkapkan telah berkoordinasi dengan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri guna mengatur arus balik kendaraan yang kembali ke Jakarta usai liburan natal dan tahun baru.

Budi mengamanatkan kepada Korlantas Polri agar memberlakukan tindak diskresi seperti contraflow (lawan arus) dan pembatasan kendaraan saat terjadi kepadatan lalu lintas hingga kemacetan dapat terurai.

Kendaraan Berat   

Kemenhub juga mengusulkan kendaraan yang memiliki berat di atas tiga sumbu tidak beroperasi selama empat hari pada 29 Desember 2017 sampai dengan 1 Januari 2018.

Pada arus mudik Sabtu (23/12) terjadi kenaikan jumlah kendaraan di Tol Cipali sebesar 58 persen, sehingga prediksi pada saat arus balik masyarakat akan melintasi jalur selatan untuk menghindari kemacetan di Tol Cipali.

Petugas memperkirakan puncak arus balik usai perayaan natal dan tahun baru akan terjadi pada Senin (1/1) karena masyarakat akan beraktivitas normal pada Selasa (2/1).

PT Jasa Marga juga sudah memprediksi kenaikan volume lalu lintas terjadi pada 1 Januari 2018 sebanyak 104.000 kendaraan atau naik sekitar 3,11 persen dibanding tahun sebelumnya mencapai 88.527 kendaraan. (ANT/HG)