Ini Dua Ruas Tol Trans Sumatera yang Akan Dibangun di 2018

Ilustrasi (Foto: Antara)

INFONAWACITA.COM – PT Hutama Karya (Persero) akan memulai  pembangunan dua ruas jalan Tol Trans Sumatera tahun 2018 mendatang. Kedua ruas jalan tol itu adalah Padang-Sicincin dan Tebing Tinggi-Parapat.

Direktur Keuangan Hutama Karya, Anis Anjayani, pekan lalu mengatakan, di tahun 2018 ada dua tol Trans Sumatera yang akan dibangun, yakni Tol Padang-Sicincin dan Tol Tebing Tinggi-Parapat.

Menurut Anis, proyek Tol Padang-Sicincin pembangunannya baru bisa dilaksanakan secepatnya pada bulan Januari 2018. Jadwal ini mengalami kemunduran dari yang telah ditetapkan sebelumnya.

“Mestinya kami awal bulan kemarin sudah mulai kerja di Padang-Sicincin. Tapi karena ada perubahan lokasi yang terkait tanah sehingga kami mundur jadi mulai tahun depan. Kalau bisa secepatnya Januari, permasalahan tanah selesai kita startnya Januari,” ucap Anis di Jakarta, dikutip dari detik.com.

Kemudian, untuk proyek Tol Tebing Tinggi-Parapat juga akan dimulai pembangunannya tahun depan. Anis menambahkan, konstruksi tol tersebut dilakukan oleh Hutama Karya, Waskita Karya, dan Jasa Marga.

“Iya itu juga akan mulai Tebing Tinggi-Parapat akan mulai tahun depan juga. Saat ini sudah selesai tender konstruksinya. Tapi itu pada Tebing Tinggi-Parapat itu civil HK leader itu 40%, Waskita 35% dan Jasa Marga 35%,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk lahan dua proyek tol Trans Sumatera tersebut membutuhkan pembebasan lahan, karena sudah ditempati masyarakat. “Kalau di Padang-Sicincin kayaknya masyarakat. Tapi kalau Tebing Tinggi-Parapat lokasinya kayaknya masyarakat juga,” pungkasnya.(AR)