Ini 7 Bank Penampung Dana Repatriasi Tax Amnesty

INFONAWACITA – Untuk menampung aliran dana repatriasi akibat kebijakan pengampunan pajak, pemerintah menunjuk tujuh bank persepsi. Berdasarkan informasi dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian selain empat bank milik negara, pemerintah juga menunjuk tiga bank swasta untuk menampung aliran dana itu.

Adapun tujuh bank yang telah ditetapkan pemerintah adalah PT Bank Central Asia (BCA), PT Bank Danamon Indonesia Tbk, serta PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Tbk. Lalu, PT Bank Negara Indonesia Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, dan PT Bank Tabungan Negara Tbk.

Ketujuh Bank ini selain menampung dana repatriasi juga akan membantu pemerintah untuk mensosialisasikan kebijakan pengampunan pajak kepada nasabah. Kemudian juga akan mengawasi dana repatriasi peserta pengampunan pajak akan tinggal di Indonesia setidaknya tiga tahun.

Masyarakat diberikan kebebasan untuk memilih bank persepsi untuk menaruh dananya. Salah satu instrumen perbankan yang disediakan untuk menampung aliran dana tersebut lewat deposito.

Untuk menetapkan bank persepsi ini pemerintah akan segera mengaturnya lewat Peraturan Menteri Keuangan (PMK). Rencananya PMK tersebut akan diterbitkan pada pekan ini. [KG]