Ini 3 Kerangka Modernisasi Alutsista TNI

vibizmedia.com/rully

INFONAWACITA – Presiden Joko Widodo berharap kerangka modernisasi TNI sudah terlihat dan benar-benar nyata pada tahun 2019. Modernisasi tersebut terdiri dari 3 kerangka penting yang harus diwujudkan sesuai Rencana Strategis Kekuatan Pokok Minimum 2024 atau Minimum Essential Force (MEF).

Ketiga kerangka modernisasi tersebut adalah, TNI AD harus sudah memiliki alutsista berat seperti tank medium, heli serbu, dan persenjataan infantri khusus. Kedua, TNI-AL harus diperkuat dengan kapal selam, kapal perang permukaan, dan sistem pengintaian maritim untuk pengamanan lokasi yang potensi konflik.

Sedangkan yang ketiga, TNI-AU haru memiliki oleh alutsista strategis berupa pesawat jet tempur, pesawat angkut berat, sistem pertahanan rudal, dan sistem radar. Presiden dalam rapat terbatas mengenai pengadaan alutsista, Rabu, 20 Juli 2016 di Istana Negara juga menyampaikan bahwa semua pengadaan alutsista agar transparans dan betul-betul terbuka.

Termasuk mendengarkan masukan-masukan dari seluruh matra, baik dari AL, AD, AU, Panglima TNI dan Kemenhan agar alutsista yang dibeli sesuai kebutuhan, dan bukan keinginan semata. MEF merupakan proses untuk modernisasi alusista TNI yang dicanangkan oleh pemerintah sejak tahun 2007. MEF dibagi menjadi tiga tahap rencana strategis hingga tahun 2024 yang mencakup tiga komponen postur yakni kekuatan, gelar (persebaran penempatan), dan kemampuan.

Hadir dalam rapat terbatas tersebut Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan sejumlah anggota kabinet kerja lainnya. [TN]