Ini 10 Hal Pendukung Pengembangan Industri 4.0

Menperin Airlangga Hartarto. (foto: Kemenperin)

INFONAWACITA.COM – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengungkap 10 hal penting yang perlu diperhatikan dalam pengembangan Industry 4.0 di Indonesia.

Pertama, penguatan rantai pasok di regional maupun global, kata Airlangga saat menyampaikan pemaparan pada Raker Kementerian Perdagangan di Jakarta, Kamis (1/2/2018).

Kedua yakni pengembangan kawasan industri, kemudian tujuan keberlanjutan, artinya yaitu siklus industri, yang dimulai dari desain, pengadaan bahan baku, distribusi, penggunaan, pemanfaatan sampah hingga daur ulang limbah, katanya.

Selanjutnya adalah perhatian terhadap industri kecil dan menengah, dimana bagi IKM implementasi sistem Industry 4.0 adalah tantangan.

“Oleh karena itu pemerintah perlu masuk dan turun tangan untuk masuk mengintervensi IKM,” kata Airlangga.

Kelima yakni infrastruktur digital, di mana pemerintah perlu membuat infrastruktur penunjang sistem Industry 4.0, seperti satelit atau kabel optik.

Keenam adalah ekosistem inovasi dan ketujuh pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan vokasi, pelatihan, peningkatan keahlian hingga persiapan untuk memasuki era digital.

Selanjutnya yakni kebijakan industri yang mendukung dan terakhir peningkatan investasi di dalam negeri.

Belum Ada Negara Yang Merumuskan

Menurut Airlangga, belum ada negara yang secara generik merumuskan sistem Industry 4.0 di dunia, sehingga hal ini lebih kepada kebijakan negara masing-masing.

“Dan kemarin di Davos, baik dengan menteri-menteri negara lain, Mendag Amerika, Inggris dan sebagainya, semua menyepakati bahwa ini membutuhkan proyek percontohan atau light house. Nah, proyek percontohan inilah yang akan didorong, hingga diketahui bagaimana hasil efisiensi dari Industry 4.0,” katanya. (ANT/HG)