Ingat Ade, Pelajar Tunanetra yang Meminta Laptop dari Jokowi? Begini Akhirnya

Ade, pelajar tunanetra asal Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menolak pemberian sepeda dari Presiden Jokowi. Ade meminta laptop kepada Presiden sebagai ganti sepeda. (Foto: Facebook/Alois Wisnuhardana).

INFONAWACITA.COM – Saat berada di Nusa Tenggara Timur, salah satu agenda Presiden Joko Widodo adalah membagi-bagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Pembagian ini secara simbolis diberikan kepada 1.148 pelajar di Kota Kupang dan sekitarnya. Acara pembagian KIP itu dilaksanakan di halaman SMKN 3 Kota Kupang, Senin (08/01).

Usai pembagian, seperti ciri khasnya, Kepala Negara menggelar kuis berhadiah sepeda. Seorang siswa tunanetra bernama Ade berhasil menjawab kuis yang diajukan Presiden. Tak mendapatkan sepeda seperti pada umumnya, Ade justru meminta ditukar dengan laptop.

Ade adalah pelajar kedua yang berani maju. Dengan bantuan Paspampres, Ade yang memakai seragam SMA berjalan maju ke atas panggung.

Jokowi kemudian bertanya, “Ade kalau belajar berapa jam?”

“Dua jam,” jawab Ade.

Jokowi bertanya kembali, “Biasanya belajar apa saja dua jam itu?”

“PKN, IPA, dan IPS,” jawab Ade.

Jokowi mengatakan, belajar PKN atau Pendidikan Kewarganegaraan pasti belajar Pancasila. Jokowi kemudian meminta Ade menyebutkan satu per satu sila pada Pancasila itu.

Dengan cukup lancar, Ade sukses melafalkan Pancasila.

Guyon Presiden Kepada Ade

Seusai menyebutkan satu per satu sila pada Pancasila, Ade tampak senyum-senyum. Hal itu menggoda Presiden Jokowi melontarkan guyon.

“Ngapain kamu senyum-senyum? Hanya senyum-senyum, ya, (minta) apa? Mau apa? Mau minta sepeda juga?” tanya Jokowi, seperti dikutip dari Kompas.com pada Rabu (10/01).

Tak diduga-duga, Ade menjawab, “Tidak mau.”

Dia mengatakan, sepeda yang seharusnya ia dapat lebih baik ditukar saja dengan laptop. Saat itu Jokowi pun berjanji memenuhi keinginan pemuda tersebut.

“Ya sudah, saya beri laptop untuk Ade. Karena enggak bawa laptop, nanti saya antar ke rumah atau ke sekolah. Paling lama besok sudah sampai pasti,” ujar Jokowi yang disambut sorak sorai dan tepuk tangan dari pelajar dan tamu yang hadir di acara itu.

Laptop Untuk Ade

Pertanyaan kemudian menyeruak. Benarkah Presiden menepati janji, memberikan Ade sebuah laptop?

Salah satu pemilik akun facebook, Alois Wisnuhardana mengungkap fakta sebenarnya. Di akun miliknya, ia menuliskan perihal laptop untuk Ade itu.

“Janji Jokowi untuk anak muda ini telah dilunasi. Sore hari, sebuah toko di Kupang didatangi. Sebuah laptop dibeli untuk penerima janji. Dan hari ini, si anak muda boleh bermimpi. Mewujudkan cita-cita diri,” tulis Alois.

Unggahan pemilik akun facebook Alois Wisnuhardana tentang permintaan laptop dari Ade kepada Jokowi. (Foto: Facebook/Alois Wisnuhardana).