Indonesia Promosikan Pariwisata MICE di Barcelona

Barcelona, Spanyol. (foto: vimeo.com)

INFONAWACITA.COM – Indonesia berupaya mempromosikan pariwisata MICE yaitu meeting, incentive,convention, dan exhibition di International Business Travel Mart (IBTM). Agenda tersebut berlangsung di Barcelona, Spanyol sejak 29 November hingga 1 Desember 2017.

Pada IBTM Barcelona 2017 Indonesia memfasilitasi tujuh industri yang terdiri atas dua hotel/resort, empat tour operator/travel agent, dan 1 DMC. Demikian diterangkan Asdep Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika Kemenpar, Nia Niscaya kepada Antara London, Jumat  (1/12).

Dikatakannya industri mitra ini akan mampu memfasilitasi tidak hanya kegiatan utama MICE tetapi juga untuk hiburan dan program pendukung lainnya. Sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di dunia, Indonesia tidak hanya terkenal sebagai destinasi wisata leisure. Popularitas Indonesia semakin meningkat sebagai destinasi pilihan untuk kegiatan meeting, incentive, convention, dan exhibition (MICE).

Menurut Nia Niscaya, hal ini diantaranya karena Indonesia menawarkan tidak hanya fasilitas MICE yang memadai/representatif dengan pilihan tempat bervariasi tidak hanya gedung-gedung modern di pusat kota tetapi juga resort yang eksotis.

Standar internasional

Nuansa kebudayaan, keindahan alam, dengan fasilitas dan pelayanan berstandar internasional ini dapat ditemukan di 16 kota utama MICE Indonesia. Kota-kota tersebut adalah Jakarta, Bali, Surabaya, Medan, Batam, Padang, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Makassar, Manado, Solo, Lombok, Bintan, Palembang, dan Balikpapan.

Selain itu, berbagai hotel di Indonesia juga banyak dinobatkan sebagai hotel terbaik di dunia sehingga semakin meyakinkan Indonesia sebagai tuan rumah yang untuk menyelenggarakan berbagai acara berskala internasional, ujar Nia.

Kesiapan Indonesia untuk acara internasional dibuktikan dengan kegiatan besar dunia yang digelar diantaranya ASEAN Summit, ASEAN Tourism Forum, APEC Summit, World Economic Forum , 60th Commemorative Asian-African Conference , dan juga World Islamic Economic Forum (WIEF).

Perhelatan besar 2018

Saat ini Indonesia bersiap menjadi penyelenggara pertemuan IMF-World Bank di bulan Oktober 2018 di Bali. Lebih dari 13.000 orang dari 189 negara akan hadir pada acara tahunan tersebut, termasuk di antaranya delegasi kenegaraan, pengamat, akademisi, jurnalis, dan perwakilan LSM. Tidak kurang dari 30.000 orang diperkirakan akan mengunjungi Bali pada Oktober tahun 2018.

Perhelatan besar lainnya yang akan diaksanakan pada tahun 2018 yaitu Asian Games yang akan dilaksanakan di dua kota di Indonesia yaitu Jakarta dan Palembang. Perhelatan olahraga terbesar di Asia ini diharapkan akan mendatangkan tidak kurang dari 15.000 atlet dan delegasi dari 45 negara anggota OCA.