Indonesia dan 5 Negara Ini Punya Tradisi Hari Pertama Sekolah

kompas.com/wawan h prabowo

INFONAWACITA – Publik mungkin masih ingat sejak dulu para orang tua selalu mengantarkan anak-anaknya untuk menyambut hari pertama sekolah. Itu sebabnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengeluarkan surat edaran mengimbau masyarakat agar tradisi itu terus dilanjutkan.

Tradisi demikian tidak hanya terjadi di Indonesia. Berikut ini catatan dan suasana tradisi hari pertama sekolah di beberapa negara.

Rusia: di negeri beruang ini sekolah dimulai setiap 1 September. Hari pertama sekolah disebut hari pengetahuan sehingga menjadi penting bagi anak. Sekolah mengadakan upacara menyambut para murid baru dan keluarganya. Anak-anak akan membawa bunga untuk guru, salah satu anak kelas satu SD akan naik di pundak kakak kelasnya. Mereka akan memutari halaman sekolah sambil membunyikan lonceng sekolah. Semua orang tua yang datang akan bertepuk tangan memberikan semangat.

Jerman: hari pertama sekolah disebut “Einschulung”. Tradisi ini hanya dilaksanakan anak kelas satu SD. Di hari pertama, mereka akan menerima tas yang berbentuk kerucut yang bernama “schultute” atau tas sekolah. Isinya permen, hadiah dan juga perlengkapan sekolah. Isinya kemudian diambil dan tasnya dikembalikan ke sekolah. Lalu digantung di langit-langit kelas untuk mengingatkan bahwa sekolah itu menyenangkan.

India: upacara penyambutan anak baru disebut dengan “praveshanolsavam”. Caranya beragam. Mulai dari pawai sekolah, “chendamelan” yaitu pertunjukan musik drum yang dilakukan sekelompak kakak kelas laki-laki untuk menyambut adik kelas mereka. Semua area sekolah dihias dengan indah dan murid baru akan mendapatkan hadiah permen.

Selandia Baru: hari pertama sekolah di negeri ini dimulai pada Februari. Upacara penyambutan anak baru menggunakan adat suku Maori yang disebut dengan Powhiri. Guru akan meneriakkan panggilan semangat selamat datang. Sekelompok kakak kelas akan menarikan tarian selamat datang dengan penuh semangat. Tarian ini diikuti dengan hentakan kaki, tepuk tangan dan teriakan penuh semangat. Semua yang menyaksikan menjadi terbawa semangat baru pada tahun ajaran baru.

Jepang: sekolah di negeri sakura ini dimulai pada 1 April terutama karena simbol mekarnya bunga sakura. Ketika musim semi tiba murid-murid baru itu diibaratkan bunga sakura, harapan bangsa. Karena itu, hari pertama sekolah merupakan perayaan di Jepang. Anak-anak biasanya menerima hadiah semisal tas kotak dan keras yang disebut “randoseru”. Dan masih banyak lagi hadiah dan tradisi lainnya. Nah, seru bukan?

nbcnews.com
nbcnews.com

Nah, yang terakhir inilah cuplikan suasana hari pertama sekolah di negeri kita Indonesia.

Bagaimana hari pertama anak Anda di sekolah? [KG/Kemendikbud/Youtube]