Ikuti Ritme Kerja ‘Gila’ Jokowi, Setkab: Setahun Sudah 500 Rapat

Presiden Jokowi didampingi Seskab Pramono Anung menuju ruang rapat terbatas, di Istana Bogor, Jabar, Jumat (7/9) pagi. (Foto: JAY/Humas Setkab)

INFONAWACITA.COM – Sudah tiga tahun Pramono Anung menjadi Sekretaris Kabinet pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) – Jusuf Kalla. Pramono pun mengungkapkan bagaimana sibuknya bekerja dengan seorang Jokowi.

Setidaknya kata Pram sudah 500 rapat yang telah ia koordinasikan selama setahun ini.

“Lima ratus. Dan ini semua menjadi tanggung jawab saya untuk menyiapkan, baik bahan materi, keputusan, risalah rapat dan juga follow up atau manage semua kementerian apakah sudah dijalankan atau belum, Itu berkaitan dengan manajemen kabinet,” kata Pram saat diwawancarai wartawan senior Uni Lubis seperti dikutip Setkab.go.id pada Selasa (2/7/2019).

Pram pun mengakui jika jumlah angka banyaknya rapat itu jauh melampaui dibanding rapat-rapat pemimpin Indonesia sebelumnya.

“Jadi dengan demikian kalau dibandingkan dengan yang dulu, sekarang ini memang Sekretaris Kabinet menjadi sangat sibuk sekali,” kata politisi PDI Perjuangan itu.

Bukan hanya dari kuantitas, menurut Pram, keuletan Presiden Jokowi dalam pemerintah juga dapat dilihat dari kualitas rapat.

“Tetapi bagi beliau setiap Ratas itu harus ada keputusan. Kalau belum ada keputusan, maka harus ada alternatif 1-2, mana yang harus diputuskan,” jelas Pram.

Bahkan kata Pram, bosnya itu merupakan pribadi yang sangat detail. “Karena memang beliau orang yang bekerja sangat detil dan hari-hari juga monitor, sehingga begitu sudah beliau putuskan risalah itu juga kita harus segera dikeluarkan. Jadi betul seperti yang disampaikan oleh Pak Wapres, memang 1 tahun bisa 500 kali,” terangnya.