Hendak Dijual, Sukarelawan PMI Berhasil Menyelamatkannya

Ilustrasi Lutung Jawa. (Foto: mongabay.co.id)

INFONAWACITA.COM – Sukarelawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat berhasil menyelamatkan seekor Lutung Jawa (Trachipithecus auratus). Binatang ini selamat dari perdagangan satwa yang dilindungi.

“Penyelamatan ini setelah kami menerima laporan dari Staf Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi. Mereka mengetahui adanya warga yang memelihara Lutung Jawa dan hendak dijual,” kata Sukarelawan PMI Kabupaten Sukabumi, Asep Has, Senin (08/01).

Menurutnya, setelah diselamatkan hewan nyaris punah ini dikirim ke Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Cikananga. Di Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi.

Untuk menyelamatkan hewan yang dipelihara salah seorang warga Kampung Cijerah, Desa Mangunjaya, Kecamatan Waluran pihaknya harus menegoisasi. Juga memberikan pemahaman karena Lutung Jawa merupakan satwa dilindungi.

Status Hukum Lutung Jawa

Sementara, PPSC Budiharto mengatakan Lutung Jawa merupakan hewan terancam punah. Serta merupakan jenis hewan yang hidup di hutan heterogen.

“Pemerintah telah memasukkan Lutung Jawa sebagai salah satu satwa yang dilindungi. Spesies ini masuk kategori konvensi perdagangan internasional tumbuhan dan satwa liar (CITES). Karena populasinya mendekati terancam hingga punah,” tambahnya, seperti dikutip dari Antara.

Pusat penyelamatan Satwa Cikananga (PPSC) bersama mitra organisasi seperti PMI terus gencar melakukan edukasi kepada warga. Sekaligus berupaya memberikan pemahaman tentang spesies endemik Jawa yang perlu diketahui, dilindungi, serta dijaga kehidupannya. Tujuannya agar binatang itu tetap bertahan hidup di alamnya.