Hari Kedua, Ini Agenda Kunjungan Kerja Presiden Jokowi di Sulawesi Selatan

Kunjungan Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi dan rombongan ke Sulawesi Selatan (2/7/2018). (Foto: BPMI)
Kunjungan Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi dan rombongan ke Sulawesi Selatan (2/7/2018). (Foto: BPMI)

INFONAWACITA.COM – Presiden Joko Widodo melanjutkan kunjungan kerjanya di Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (3/7/2018). Pada hari kedua kunjungan kerjanya ini, Kepala Negara akan meninjau Bendungan Paselloreng di Desa Arajang, Kecamatan Gilireng, Kabupaten Wajo.

Bendungan tersebut merupakan satu dari tiga proyek bendungan baru di Sulsel. Dua bendungan lainnya adalah Bendungan Karalloe di Kabupaten Gowa dan Bendungan Pamukkulu di Kabupaten Takalar.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan PLTB Sidrap, Begini Suasananya

Pembangunan tiga bendungan ini akan meningkatkan tampungan air sebesar 261,23 juta meter kubik. Salah satu fungsi utamanya adalah untuk meningkatkan suplai air irigasi di Sulsel yang dikenal sebagai salah satu sentra pangan nasional.

Sembilan Bendungan

Bendungan Paselloreng mulai dibangun sejak pertengahan 2015 dan akan mengairi lahan irigasi seluas 7.000 hektare. Kapasitas tampung maksimal bendungan yakni 138 juta meter kubik. Kapasitas ini sembilan kali lebih besar dari Bendungan Raknamo yang berkapasitas 14 juta meter kubik yang telah diresmikan Presiden Jokowi awal tahun 2018.

Bendungan Paselloreng merupakan salah satu dari sembilan bendungan yang akan rambung pada 2018 ini. Kedelapan bendungan lainnya adalah Bendungan Rotikod di NTT, Bendungan Tanju, Mila, dan Bintang Bano di NTB. Kemudian Bendungan Gondang dan Logung di Jawa Tengah, ditambah Bendungan Sindang Heula di Banten.

Sebelum meninjau bendungan, Presiden Jokowi akan melihat langsung pelaksanaan program padat karya tunai Kementerian PUPR di Kelurahan Mappadaleo, Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo.

Baca juga: Ini Dia Lebih dari 5 Serunya Presiden Jokowi Bertemu dengan Warga Sulawesi Selatan