Hampir Rampung, Menkominfo Rencanakan Sambung Palapa Ring Barat dan Timur

Menkominfo, Rudiantara (Foto: Menkominfo)

INFONAWACITA.COM – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara setelah hampir rampungnya proyek Palapa Ring, berencana untuk menyambungkan ring kabel fiber optik yang berada di wilayah barat dan tengah.

“Kominfo sedang pertimbangkan menghubungkan antara barat dan tengah hingga menyusur jalan perbatasan Indonesia-Malaysia,” ujar Rudiantara.

Opsi pengembangan ini menjadi pertimbangan agar sejalan dengan pembangunan jalan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR). “Kan lagi bikin jalan (KemenPUPR), nanti di pinggirnya kami bangun lanjutan Palapa Ring, jadi Kalimantan perbatasannya,” tambah Rudiantara.

Lebih lanjut, ia menjelaskan model pembangunan tersebut menyerupai Papua, di mana Kominfo ikut dengan pembangunan KemenPUPR

“Pinggirannya dibangun kabel optik, bukan digali pake cangkul, tapi mesin. Sehari bisa 4-8 km tergantung pada kondisi bebatuan di tepi jalan. Kalo batu 4 km, tanah 8 km,” lanjutnya seperti yang dilansir dari CNNIndonesia.com pada Rabu (16/5/2018).

Progres proyek Palapa Ring

Proyek Palapa Ring sendiri terbagi menjadi tiga bagian yakni barat, tengah, dan timur. Kemenkominfo mengatakan bahwa bagian barat sudah rampung 100 persen, bagian tengah sudah 77 persen dan timur baru 45 persen.

Rudiantara menargetkan awal 2019 seluruh proyek sudah rampung dan dapat beroperasi. Paket barat akan menjangkau wilayah Riau dan Kepulauan Riau hingga dengan Pulau Natuna dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.000KM.

Sedangkan Paket Tengah menjangkau wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Maluku Utara sampai dengan Kepulauan Sangihe dan Talaud dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2,7 ribu kilometer.

Terakhir, Paket Timur menjangkau wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat dan Papua hingga pedalaman Papua dengan total panjang kabel serat optik sekitar 6,3 ribu kilometer. (RA/yi)