Hadiri HUT AMS, Presiden Minta Warga Jabar Jaga Persatuan

Presiden Joko Widodo. (foto: Biro Pers Setpres)

INFONAWACITA.COM – Presiden Joko Widodo berpesan kepada warga Jawa Barat agar tetap dapat menjaga persatuan menjelang, ketika hingga setelah pemilihan kepala daerah (pilkada) di Jabar 2018.

“Bapak, Ibu dan saudara-saudara saya titip, saya titip betul tahun depan kita akan ada 171 pilkada di seluruh Tanah Air dan juga tentu saja di provinsi Jawa Barat, ada pemilihan gubernur, bupati, wali kota. Saya titip negara kita ini negara yang besar, majemuk bermacam-macam agama, suku. Kita ada 714 suku dengan bahasa daerah lebih dari 1.100 bahasa daerah,” kata Presiden Joko Widodo di Bandung, Kamis (28/12), dikutip dari Antara.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo menghadiri Perayaan Hari Ulang Tahun Angkatan Muda Siliwangi (AMS) ke-51 yang digelar di Gedung Merdeka, Bandung.

“Negara ini negara besar. Jangan sampai pemilihan gubernur, pemilihan bupati, pemilihan wali kota, apalagi nanti menginjak pemilihan presiden 2019. Jangan sampai karena pilihan berbeda sebagai akibat dari demokrasi yang kita jalankan menjadi pecah, tidak rukun lagi. Jangan! Saya ingin mengingatkan kita sebagai saudara sebangsa dan se-Tanah Air silakan pilih pemimpin negara yang paling baik. Setelah itu kita kembali jadi saudara sebangsa se-Tanah Air, jangan sampai tidak saling sapa tetangga, antarkampung, antarteman, jangan,” tegas Presiden.

Piagam Pendirian AMS

Ia pun meminta para anggota AMS untuk mengingat kembali semangat dalam Piagam Pendirian AMS yaitu melestarikan semangat para pahlawan bangsa dan tekad untuk memegang teguh ajaran-ajaran Ilahi demi kebahagiaan rakyat Indonesia.

“Saya ingin bertanya apakah saudara-saudara mau terus Indonesia bersatu seperti dicita-citakan para pahlawan bangsa? Apakah saudara mau untuk terus menjaga Indonesia? Apakah saudara yakin Pancasila sebagai dasar negara dan pemersatu kita semua? Apakah saudara bersedia membela dan mengamalkan Pancasila?” tanya Presiden Jokowi yang kompak dijawab “mau dan bersedia” oleh para anggota AMS.

“Sebuah teriakan dan kesanggupan yang saya dengar teriakannya sangat maksimal sekali, kencang sekali, mau, mau. Saya bangga sekali hadir di tengah anggota Angkatan Muda Siliwangi, para pewaris semangat pahlawan Indonesia, patriot bangsa,” tegas Presiden.

Acara itu juga dihadiri oleh Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Ketua Angkatan Muda Siliwangi Noery Ispandji Firman dan sekitar 800 orang anggota AMS.

Ridwan Kamil diketahui mencalonkan diri sebagai calon gubernur Jawa Barat yang didukung oleh Partai Nasdem. Ia sebelumnya juga didukung Partai Golkar namun belakangan Golkar mencabut dukungannya.

Menuju Pontianak

Seusai dari Bandung, Presiden dan rombongan berangkat ke Pontianak, Kaliamtan Barat untuk meresmikan terminal baru Bandar Udara Supadio.

Presiden juga akan menyerahkan sertifikat tanah untuk rakyat di Halaman Masjid Mujahidin, Pontianak, sebelum menghadiri Perayaan Natal Bersama Tingkat Nasional Tahun 2017 di rumah Radakng. (*)