Habiskan Lebaran dengan Tonton Festival Penuh Kemistisan di Banyuwangi

Festival Seblang di Desa Olehsari, Banyuwangi (foto: budayajawa.id)

INFONAWACITA.COM – Menyaksikan pertunjukan bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghabiskan libur lebaran di Kabupaten Banyuwangi. Salah satunya ialah dengan menyaksikan pertunjukan Seblang dari Desa Olehsari, Kecamatan Glagah, Banyuwangi.

Pertunjukan yang akan digelar dari tanggal 18 hingga 22 Juni 2018 itu akan diisi salah satu tarian sakral dari masyarakat suku Osing, Desa Olehsari.

“Sebagai tarian komunal lambang bahwa kehidupan manusia akan tenteram jika keharmonisan sosial manusia dengan manusia, manusia dengan alam serta manusia dengan Adi Kodrat tetap terjaga,” tulis rilis Kementerian Pariwisata dalam akun Facebooknya pada Rabu (12/5/2018).

Penari pilihan

Penari ini tidak akan diisi oleh sembarang wanita muda, tetapi penari-penari ini konon ditunjuk secara gaib dari keturunan Seblang. Mereka nantinya akan menari di bawah payung putih agung dan menggunakan mahkota terbuat dari bunga dan daun muda. Uniknya lagi tarian ini dilakukan dengan mata terpejam dan diiringi syair-syair yang dipercaya memiliki kekuatan ghaib.

Pertunjukan ini akan bisa disaksikan dari 18 hingga 22 Juni 2018 pukul 14.00 WIB di Desa Olehsari, Kecamatan Glagah. Direncanakan tahun ini Menteri Pariwisata Indonesia Arief Yahya juga dijadwalkan hadir untuk turut meramaikan Festival Seblang ini. (DS/yi)