Gelar Seleksi Akademik Pra PPG, Ditjen: Menjawab Harapan Guru PAI Terkait Pelaksanaan Sertifikasi

INFONAWACITA.COM – Seleksi akademik pre test pra Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2019 berlangsung serentak di 80 Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang tersebar di 34 propinsi. Seleksi tersebut dilaksanakan selama tiga hari, yaitu dari tanggal 19-21 Desember 2018.

Direktur Pendidikan Agama Islam (PAI) Ditjen Pendidikan Islam Rohmat Mulyana berharap dalam rentang hari tersebut dapat menjangkau 11.003 guru PAI se-Indonesia yang akan menjadi peserta sertifikasi melalui jalur PPG.

“Dengan kemampuan tim untuk mengorganisir semua resources dan potensi, akhirnya seleksi akademik calon peserta sertifikasi melalu jalur pendidikan profesi bisa diselenggarakan,” tutur Rohmat, pada Rabu (19/12).

“Mekanisme dan manajemen seleksi kali ini, melibatkan kepala bidang PAI/PAKIS seluruh kanwil dan LPMP yang dikendalikan langsung dari pusat (baca: Direktorat),” ungkapnya.
Rohmat berharap, pre test ini menjawab harapan guru PAI terkait pelaksanaan sertifikasi melalui jalur pendidikan.

Jumlah Partisipan Pre Tes

Jumlah partisipan pre test yang mengikuti pre tes mencapai 11.003 guru PAI se-Indonesia yang terhitung diangkat jadi guru sebelum tahun 2006. Menurut Nurul Huda, Kasubdit PAI pada PTU yang juga menjadi leading sector penyelenggara sertifikasi, hasil dari pre test ini akan menentukan siapa yang akan mendapat prioritas pertama peserta PPG pada tahun 2019 nanti. Bagi yang tidak memenuhi target kelulusan, dapat mengikuti pre test ulang pada gelombang selanjutnya, seperti yang dilansir dari kemenag.go.id.

Selain itu, bagi guru PAI yang tidak lulus dalam Ujian Tulis Nasional kali ini memiliki kesempatan untuk mengikuti satu kali lagi ujian kelulusan dan yang lulus akan mendapatkan sertifikasinya dan tahun depan dapat menerima tunjangan profesinya.