Gara-gara Tol Ini, 5 Lokasi Wisata di Kabupaten Bandung Mudah Dikunjungi

Presiden Jokowi saat meresmikan Tol Soreang-Pasir Koja, di Kabupaten Bandung, jawa Barat, Senin, 4 Desember 2017. (foto: Biro Pers Setpres)

INFONAWACITA.COM – Libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, tinggal beberapa minggu lagi. Menikmati wisata di Kabupaten Bandung, bisa jadi pilihan. Atau juga berwisata di akhir pekan. Terlebih lagi, pemerintah baru saja meresmikan Tol Soreang-Pasir Koja (Tol Soroja).

“Bandung Selatan punya potensi besar. Ada hunian, industri, wisata, sarana olahraga terbesar dan pusat pemerintahan,” kata Presiden Joko Widodo saat meresmikan Tol Soroja di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Senin (04/12).

Presiden mengungkapkan dengan dibukanya Tol Soroja sepanjang 10 km ini akses menuju Soreang yang biasanya 1,5 jam sekarang bisa dipangkas menjadi 12 menit.

“Dengan adanya tol ini, akan membuat calon atlit dan penggemar sepak bola menghemat biaya. Khususnya untuk menuju ke pusat sarana olahraga Jalak Harupat,” jelas Presiden.

Bukan hanya itu, Presiden juga menyebut dengan adanya Tol Soroja ini akan memudahkan wisatawan. Terutama yang ingin menuju berbagai lokasi wisata di Kabupaten Bandung.

Mau tahu apa saja lokasi wisatanya? Ini 5 dari sekian banyak lokasi wisata di Kabupaten Bandung:

Kebun teh Malabar. (Foto: wisataindonesia.biz).
1. Wisata Kebun Teh

Salah satu lokasi wisata unggulan Kabupaten Bandung adalah kebun teh. Tercatat ada tiga kebun teh di Rancabali, Malabar, Pangalengan.

Di Malabar, misalnya, kebun teh ini berlokasi di kawasan Pangalengan. Memiliki luas 2.022 ha dan berada di ketinggian 1.550 mdpl. Suhu rata-ratanya berkisar antara 16-26 derajat celcius. Uniknya lagi, perkebunan ini dibangun oleh K.A.R Bosscha yang rumah dan makamnya ada di sana. Juga ada pabrik teh hingga observatorium Bosscha.

Situ Patenggang. (Foto: eyeem.com).
2. Danau Situ Patenggang

Situ Patenggang adalah danau yang berada di ketinggian lebih dari 1.600 meter di atas permukaan laut. Soal memanjakan mata, Situ Patenggang menghadirkan pemandangan yang asri dan sejuk dengan perkebunan teh di sekitarnya. Danau ini mempunyai luas sekitar 45.000 hektar. Bahkan menjadi bagian dari cagar alam yang mempunyai total luas lebih dari 123.000 hektar.

Bukan hanya danau, Patenggang juga menawarkan legenda terkait ‘Batu dan Pulau Cinta’. Menurut cerita rakyat setempat, pasangan yang datang ke batu cinta dan pergi berkeliling pulau asmara, cintanya akan abadi.

Kawah Putih. (Foto: kawahputihciwidey.com).
3. Kawah Putih

Lokasi satu ini sudah sangat populer bagi masyarakat. Berlokasi di Ciwidey, Jawa Barat, kurang lebih sekitar 50 KM arah selatan kota Bandung. Kawah Putih merupakan danau yang terbentuk akibat dari letusan Gunung Patuha.

Sesuai dengan namanya, tanah yang ada di kawasan ini berwarna putih akibat dari pencampuran unsur belerang. Selain tanahnya yang berwarna putih, air danau kawasan Kawah Putih juga mempunyai warna yang putih kehijauan. Bahkan dapat berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung, suhu, dan cuaca.

Selain untuk dinikmati keindahannya oleh para wisatawan, Kawah Putih Ciwidey juga sering kali menjadi tempat kegiatan lain. Misalnya saja pengambilan gambar film, melukis, foto pengantin, sampai dengan kegiatan mendaki dan berkuda.

Ciwalini. (Foto: istimewa).
4. Pemandian Air Panas Ciwalini

Kolam Renang Air Panas Ciwalini berlokasi di kawasan Perkebunan teh di Bandung Selatan. Tepatnya di kawasan Argo Wisata Kebun Ranca Bali yang dikelola oleh PTP Nusantara VIII, wilayah Kabupaten Bandung.

Kawasan ini menawarkan tempat yang udaranya sejuk khas pegunungan. Serta hamparan pemandangan alam perkebunan teh nan hijau yang asri. Hasilnya, lokasi pemandian air panas ciwalini ini sekaligus dikelilingi oleh perbukitan yang membuat indah mata melihat.

Sumber air panas kolam pemandian Ciwalini berasal dari Gunung Patuha. Kawasan ini memang dekat Kawah Putih dan Kawah Rengganis. Tersedia 2 kolam renang yang airnya sangat bersih dengan warna kebiru-biruan dan sangat menyehatkan tentunya.

Glamping Lakeside. (Foto: istimewa).
5. Glamping Lakeside

Juli 2016 lalu, satu resort yang kini menjadi favorit telah dibuka. Namanya Glamping Lakeside Rancabali. Lokasinya di tepi Situ Patenggang, di kaki Gunung Patuha, kawasan wisata Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.

Resort ini berada di alam terbuka yang luas dengan dominasi kebun teh. Serta terbuka untuk umum. Jadi, tak harus menginap untuk bisa menikmati keindahan alam dan berbagai fasilitas yang ditawarkan di sini. (ZA/HG)