Gara-gara Satukan Korea Selatan dan Korea Utara, Asian Games 2018 Dipuji Dunia

Presiden Jokowi kenakan jaket Asian Games 2018.
Presiden Jokowi kenakan jaket Asian Games 2018.

INFONAWACITA.COM – Asian Games 2018 yang digelar di Indonesia mendapat pujian dunia. Sebabnya karena berhasil mempersatukan Korea Selatan dan Korea Utara dalam 3 cabang olahraga. Asian Games kali ini juga dianggap berkontribusi pada perdamaian dunia.

Pujian tersebut datang dari Olympic Council of Asia (OCA) atau Dewan Olimpiade Asia. Tepatnya saat Indonesia berhasil mempersatukan Korea Selatan dan Korea Utara di cabang olahraga basket tim putri.

“Kami sangat senang dan bangga bahwa Asian Games dapat berkontribusi pada proses perdamaian di Semenanjung Korea,” kata Direktur Jenderal OCA, Husain Al Musallam, seperti dikutip dari liputan6.com, Sabtu (18/8/2018).

“Tim Korea bersatu kembali menorehkan sejarah dengan berkompetisi bersama untuk pertama kalinya di Asian Games 2018. Kami menantikan untuk melihat tim lain beraksi dalam beberapa hari mendatang,” lanjutnya.

Kenyataan itu terlihat pertama kali ketika tim basket putri Korea berlaga pada Grup A Asian Games 2018 di Basket Hall Gelora Bung karno, Rabu malam 15 Agustus, saat melawan timnas basket putri Indonesia.

Bermain di bawah simbol “COR” serta bendera Unifikasi yang khas dengan garis biru Semenanjung Korea berlatar belakang putih, tim gabungan ini berhasil mengalahkan timnas tuan rumah dengan skor 108-40.

Adapun selain basket tim putri mereka juga akan bergabung di 2 cabang olahraga lainnya yakni perahu dayung dan kano. (DS/zh)