G 70 Tahun Menjemput Harapan Indonesia Raya

INFONAWACITA – Menteri Sekretaris Negara, Pratikno mengeluarkan surat perintah kepada tim panitia Ekspedisi Kapsul Waktu bernomor : 02/M.Sesneg/05/2015. Dalam surat perintah itu, menyebutkan agar menyelenggarakan Gerakan Nasional 70 Tahun Indonesia Merdeka (G70).

Mensesneg Pratikno telah mengingatkan agar kegiatan ini bisa menjadi bagian dari upaya lompatan kemajuan secara bersama-sama guna mencapai percepatan pencapaian cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

“Ekspedisi ini diharapkan memberi efek optimisme, persatuan, kreativitas, kerja keras, dan solidaritas antara pemerintah pusat dan daerah serta antara pemerintah dan rakyat,” katanya.

Presiden Jokowi secara simbolis akan memulai menyisipkan catatan dan poin-poin mimpi dan harapan Indonesia Raya 70 tahun mendatang. Presiden akan menuliskannya dan memasukkan dalam kapsul waktu tersebut. Selanjutnya, kapsul waktu ini akan ditutup dan disimpan untuk selanjutnya dibuka 70 tahun mendatang.

Bentuk kapsul waktu yang unik ini juga akan dibawa secara estafet ke wilayah-wilayah Indonesia yang menjadi kegiatan pencanangan Gerakan Nasional 70 Tahun Indonesia Merdeka. Gerakan ini nantinya akan berakhir di Merauke, Papua bulan Desember 2015. Selanjutnya, di Merauke akan didirikan tugu peringatan tempat Kapsul Mimpi dari 34 provinsi dan 1 kapsul mimpi dari Presiden Joko Widodo tersimpan.

Kegiatan Ekspedisi Kapsul Waktu dijadwalkan tiba di Provinsi Sulawesi Barat pada 26 November 2015 dan akan melintas dengan berbagai kegiatan di Kabupaten Polman, Majene Mamuju, Mamuju Tengah dan Mamuju Utara.

Koordinator Panitia Ekspedisi kapsul waktu Daerah Sulawesi Barat, Irvan Basri mengatakan, kegiatan ekspedisi kapsul waktu di Sulbar dimeriahkan diantaranya dengan berbagai kegiatan sosial, budaya, hiburan, dan ekonomi kreatif.

“Untuk menyambut kapsul waktu yang tiba di Sulbar nantinya, akan digelar berbagai kegiatan menyambutnya mulai Oktober 2015,” katanya.