Filipina Juga Berencana Tenggelamkan Kapal Pencuri Ikan, Ini Kata Susi

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. (foto: Setkab)

INFONAWACITA.COM – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengomentari kebijakan pemerintah Filipina yang juga akan menenggelamkan kapal pencuri ikan di wilayah lautnya. Menurut Susi, hal ini sebagai bukti jika Indonesia sudah lebih dulu memulai dalam menjaga kedaulatan lautnya.

“Kita sudah lakukan. Presiden kita: ambil orangnya tenggelamkan kapalnya!!! Sudah 363 kapal kita tenggelamkan,” cuit Susi di akun twitternya @susipudjiastuti pada Selasa (13/2/2018).

Cuitan Susi ini pun menuai beragam tanggapan dari warganet, umumnya mereka mendukung kebijakan penenggelaman kapal yang telah dilakukan oleh Susi selama ini. “Seharusnya di INDONESIA saat ada MENTERI yg bersikap tegas didukung Bukan malah dihalangi,” cuit @CakFiq99 membalas cuitan Susi.

“Sebenarnya bsa saja pemerintah kita memerintahkan meledakkan/menenggelamkan kapal asing yg mencuri SDL Indonesia tanpa harus kompromi dgn mengeluarkan terlebih dahulu org² didlm kapal tsb, tetapi pemerintah kita menjunjung betul rasa kemanusiaan. Maju trus buk @susipudjiastuti!” cuit @andicp_

Filipina Akan Libatkan AL

Seperti diketahui pada akhir pekan lalu Presiden Filipina Duterte menyatakan bakal memerintahkan Angkatan Laut (AL) Filipina untuk menembak kapal-kapal yang mencuri sumber daya kelautan di ZEE Filipina.

Ia juga menyatakan bakal melanjutkan pembicaraan dengan China mengenai sengketa teritorial di Laut China Selatan. Rodrigo pun menegaskan hak kedaulatan atas Benham Rise.

“Jika Anda mengambil sesuatu dari ZEE kami, saya akan memerintahkan AL Filipina untuk menembak,” ujar Duterte.

Duterte merujuk kepada ZEE Filipina yang berjarak 200 nautikal mil. Kapal asing bisa melewati kawasan perairan tersebut, tetapi tidak bisa mengambil ikan ataupun minyak dan gas dari kawasan itu. (DS/yi)