Fakta! Istri Gus Dur Masuk Daftar 100 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia

Sinta Nuriyah (foto: nu.or.id)

INFONAWACITA.COM – Istri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Sinta Nuriyah masuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia versi Majalah Time. Namanya bersanding dengan tokoh-tokoh lainnya seperti Oprah Winfrey.

Dilansir dari Time.com pada Jumat (20/4/2018) dipilihnya sosok Sinta Nuriyah lantaran sosoknya yang menjunjung tinggi keberagaman di Indonesia. Pada 2015, dia menghadiri acara gereja Katolik di Jawa Tengah yang dihadiri oleh umat Hindu, Budha, Konghuchu dan Kristen. Majalah Time mengibaratkan Sinta hadir di sebuah taman bunga.

“Ada mawar, melati, anggrek, dan pohon asoka di taman itu. Tidak ada yang bisa memaksa mawar untuk menjadi melati, anggrek atau asoka,” tulis Majalah Time.

Inspirasi dalam Keberagaman

Dalam beberapa tahun terakhir banyak kelompok ekstremis berusaha merusak ‘taman’ itu. Namun, Sinta tak gentar, ia tetap kokoh.

Menurut Time, Sinta menjadi inspirasi dalam keberagaman setelah menasihati transgender dengan caranya. Selain itu, dia juga menjadi pendukung seorang gubernur Kristen di Jakarta.

Sinta memang diketahui masih tetap aktif di kegiatan sosial keagamaan meskipun dirinya sudah tidak menyandang status sebagai ibu negara. Bersama dengan putri-putrinya ia merawat toleransi dan kesetaraan yang diwariskan oleh mendiang suaminya lewat organisasi-organisasi seperti Jaringan Gusdur dan Wahid Foundation. (DS/yi)