Fahri Hamzah Kembali Kritik Menteri Susi, Respon Menteri KKP dan Warganet Malah Bikin Ngakak

Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti tertawa terbahak-bahak di samping Mendikti Mohamad Nasir dan Menpora Iman Nahrawi. (Foto: Twitter/Susi Pudjiastuti)
Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti tertawa terbahak-bahak di samping Mendikti Mohamad Nasir dan Menpora Iman Nahrawi. (Foto: Twitter/Susi Pudjiastuti)

INFONAWACITA.COM – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah lagi-lagi melontarkan kritik kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Ia melarang Menteri Susi untuk mengimbau kebersihan laut sebab menurut Fahri itu adalah tugas tokoh agama.

“Ijin bu @susipudjiastuti yth, Pengotoran Laut itu adalah pidana (UU KLH) jadi itu domain penegakan hukum. Saya setuju ibu menghimbau tapi itu bukan tugas utama negara biarkan itu tugas tokoh agama dan guru. Itu maksud saya bahwa laut (75%) Republik ini luas,” kata mantan politisi PKS itu dalam salah satu cuitannya, Minggu (15/7/2018).

Kultwit Fahri inipun semuanya diretweet oleh Susi. Uniknya Susi hanya membalas cuitan Fahri dengan emotikon-emotikon lucu. Mulai dari emotikon tampak kaget hingga emotikon tertawa.

Tak berselang lama cuitan Fahri yang diretweet oleh Susi pun diserbu warganet. Umumnya mereka justru membela Susi dan melontarkan kritik balik mereka kepada Fahri Hamzah. Kebanyakan warganet juga merasa bingung, kenapa tokoh agama kemudian dibawa-bawa dalam kampanye mengenai pengentasan sampah plastik di laut.

“Kasihan tokoh agama..ngajar ngaji msh disuruh bersih2 laut..wkwkwk koplak plak plak,” cuit @WanRantau.

Salah seorang warganet pun mencoba memahami logika Fahri Hamzah. Mereka memakai analogi yang paling sederhana untuk menjelaskan di media sosial.

“Ada seorang marbot, dia menghimbau kepada seorang anak kecil utk tdk buang sampah di musholla… Trus si marbot malah dinasehati oleh pak RT, “jgn suka menghimbau org lain utk kebersihan musholla, itu tugas org tua nya dan guru ngaji nya” cuit @bknojekbiasa.

Di cuitan Fahri Hamzah lainnya Susi pun hanya membalas dengan emotikon-emotikon lucu.

Peristiwa ini berawal sejak Minggu pagi tadi. Saat itu, Fahri melontarkan kritik terhadap Menteri Susi dengan menyertakan sebuah tautan berita yang berjudul ‘Susi Pudjiastuti: Ancaman Terhadap Laut Masih Tinggi’.

Fahri kemudian mengomentari berita itu dengan menyatakan, “Itu tugas panglima TNI melalui Kepala Staf Angkatan Laut TNI dan Hak Mobilisasi ada di Presiden. Kementrian kelautan itu baru tapi TNI lahir bersama Republik. Jadi percaya aja/tugas Bu Susi adalah sejahterakan nelayan dan bangsa Indonesia dengan laut. hankam bukan,” kata Fahri.

Penelusuran Infonawacita.com, berita itu justru sama sekali tidak menyinggung mengenai pertahanan dan keamanan di laut Indonesia. Di berita itu, justru Menteri Susi menyatakan bahwa ancaman yang ia maksud adalah mengenai sampah, khususnya sampah plastik di laut karena mengancam ekosistem. (DS/zh)