Duta Besar, Pelajar dan Mahasiswa di Luar Negeri Bisa Bantu Promosi Pariwisata

INFONAWACITA.COM – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang berada di negara-negara sahabat berkewajiban menjadi duta pariwisata Indonesia. Hal ini demi mendukung target Pemerintah yang ingin mendatangkan 20 juta wisatawan ke tanah air.

Selain itu peran serta Duta Besar Indonesia dalam mempromosikan pariwisata Indonesia dapat mengurangi dana promosi pariwisata Indonesia luar negeri yang menurun untuk tahun anggaran 2017.

Tidak hanya Duta Besar pelajar atau mahasiswa Indonesia yang sedang menjalankan pendidikan di luar negeri, berpotensi bisa membantu mempromosikan pariwisata Indonesia.

Permintaan itu diutarakan Anggota Komisi X DPR Dwita Ria Gunadi rapat kerja Komisi X dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (17/1).

Dwita menilai promosi pariwisata Indonesia tidak harus dalam bentuk iklan yang dipajang dimana-mana, tetapi para Duta Besar ini bertugas menciptakan suasana Tanah Air yang baik di kalangan manca negara.

“Contoh yang sudah menerapkan adalah di Moskow. Di sana, pada Agustus 2016 sudah diberikan 50 stan gratis untuk promosi wisata yang dirancang suasananya seperti Indonesia, jadi pengunjung tertarik untuk datang langsung ke Indonesia,” jelas Dwita. (HG)