Dua Terduga Teroris yang Ditangkap di Solo Ahli Rakit Bom

INFONAWACITA.COM – Kepolisian mengungkapkan, dua orang terduga teroris yang baru saja ditangkap di Solo, yaitu Tri Setiyoko, 29, dan Yasir, 30, adalah ahli perakit bom.

“Kedua terduga teroris yang ditangkap oleh Densus 88 Antiteror Mabes Polri di Solo, Minggu (18/12) itu, jika melihat dari sejumlah barang bukti yang ditemukan diduga ahli merakit bom,” kata Kasat Rekrim Polres Kota Surakarta Kompol Agus Puryadi, saat menjawab pertanyaan wartawan di Mapolresta Surakarta, Senin (19/12).

Ditambahkan Agus, diduga bisa merakit bom dan ada hubungannya dengan penangkapan di Purworejo oleh Densus beberapa waktu lalu. Densus dibantu Polres Kota Surakarta awalnya menggeledah rumah seorang terduga teroris Tri Setiyoko, di Kampung Sewu RT 01 RW 07, Kecamatan Jebres, Solo, Minggu (18/12). Kemudian dilanjutkan di rumah, Yasir, di Kampung Sewu, dan juga di Losari, RT 04 RW 02 Semanggi Pasar Kliwon.

Dijelaskan Agus, barang bukti yang ditemukan di rumah Tri adalah cairan zat kimia berwarna kuning dua jerigen, tas ransel, paku, pipa paralon, dan telepon genggam. Dilihat dari apa yang ditemukan polisi, maka terduga teroris warga Kampung Sewu ini, bisa merakit bom, katanya. Sementara soal barang bukti di rumah Yasir, yakni empat paspor, buku nikah, Agus menjelaskan paspor tersebut atas nama Yasir, istrinya dan kedua anaknya. “Yasir ini, memang sudah pernah pergi ke luar negeri yakni Malaysia,” katanya.

Namun, kata Agus lebih jelasnya soal keterlibatan warga Solo tersebut dapat ditanyakan ke Densus 88 Antiteror Mabes Polri.  Menurut dia, sejumlah barang bukti dan kedua terduga teroris yang ditangkap di Solo, sudah dibawa ke Jakarta oleh Densus 88 untuk pemeriksaan lanjutan.(AR/ANT)