Dua Hewan Laut Terdampar di Tempat Terpisah

INFONAWACITA.COM – Sepanjang Jumat (13/1) ada dua kejadian terdamparnya dua hewan laut besar yang menjadi perhatian banyak orang.

Ikan hiu jenis tutul memiliki panjang sekitar empat meter dan lebar diameter kepala sekitar 60 centimeter ditemukan terdampar di Desa Sumberkima, Kabupaten Buleleng, Bali.

Salah seorang warga setempat Putu Wibawa mengatakan ikan tersebut masih dalam kondisi hidup meskipun terdapat bekas luka gigitan pada bagian tubuh ikan. Atas terdamparnya ikan hitu tutul tersebut banyak ditonton oleh masyarakat sekitar Desa Sumberkima.

Menurut Putu kejadian terdamparnya hiu tutul bukanlah kejadian pertama di pantai Sumberkima, karena beberapa tahun lalu peristiwa serupa pernah terjadi.

Yang kedua seekor paus ditemukan mati terdampar di Pantai Seriwe, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat,

Berdasarkan hasil pemeriksaan Kasatrolda Ditpolair Polda NTB AKBP I Dewa Wijaya, ikan paus yang panjangnya mencapai 10 meter dengan diameter sekitar 1 meter tersebut, memiliki berat mencapai 4 ton.

Sedangkan penyebab kematiannya, Dewa menduga karena pengaruh aktivitas kapal yang kerap melintas di perairan setempat. Menurutnya, hal itu sangat mengganggu kehidupan dari biota laut, termasuk ikan paus tersebut.

Setelah melakukan musyawarah dengan Camat Jerowaru, Kepala Desa Seriwe, maupun sejumlah tokoh masyarakat setempat, bangkai paus tersebut rencananya ditenggelamkan ke tengah laut. (ANT/HG)